Beranda Pesona Ramadan Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Santap Sahur

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Santap Sahur

42
0
Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

Saat menjalankan puasa wajib yang diawali dengan makan sahur dan diakhiri dengan berbuka puasa. Sahur merupakan hal yang penting yang harus dilakukan sebelum melaksanakan puasa.

Mengapa sahur itu penting? Karena dengan makan sahur kita bisa mempersiapkan diri dengan memakan asupan-asupan makanan bergizi yang bisa menambah energi kita saat seharian berpuasa.

Saat melaksanakan aktifitas sahur, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menutrisi tubuh kita saat berpuasa. Makan sahur yang baik bukanlah dengan cara memakan semua jenis makanan, karena tak semua makanan bisa menghasilkan energi dan nutrisi. Bisa jadi makanan yang kita jadikan menu sahur justru menimbulkan keburukan untuk tubuh sehingga membuat lemas saat berpuasa.

Hal yang harus Anda lakukan yaitu memilah-milah menu makanan yang akan Anda konsumsi saat sahur. Terkadang kita tidak sadar mengenai kesalahan yang sering dilakukan saat sahur. Apa sajakah kesalahan itu? Ini penjelasannya seperti dilansir ohayo.co.id.

Kita cenderung tidak sadar akan beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat sahur ini. terkadang mungkin hal itu terlihat lumrah karena terlalu sering kita lakukan dan tak menyadari bahwa hal itu merupakan sebuah kesalahan yang harus kita hindari. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kesalahan saat sahur yang perlu dihindari.

1. Porsi makan yang berlebihan

Makan dengan porsi terlalu banyak saat sahur bukan menambah kekuatan atau persediaan makanan di tubuh kita, namun justru membuat kita lemas saat berpuasa. Umumnya masyarakat sering melakukan hal ini dan tidak menyadari bahwa ini merupakan sebuah kesalahan yang patut untuk dihindari.

Makan berlebihan saat sahur akan membuat perut kita menanggung beban yang berlebihan sehingga akan menyebabkan gangguan pencernaan.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi teh

kesalahan yang sering dilakukan saat sahur lainnya yaitu minum teh. Ini merupakan hal yang sering dialami oleh orang indonesia. Orang indonesia cenderung sering meminum teh dari pada meminum air putih yang berlaku pula saat sahur. Meminum banyak teh akan membuat kita sering buang air kecil sehingga tubuh kita akan lebih cepat kehilangan cairan. Jika ingin mengkonsumsi teh, sebaiknya konsumsilah teh tanpa gula yang akan membuat tubuh kita terhindar dari lemas saat berpuasa.

3. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi

kesalahan yang sering dilakukan saat sahur yang juga tidak disadari yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi dan roti. Padahal, makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi lebih cepat diserap tubuh sehingga akan membuat kita lapar lebih cepat dan membuat badan jadi lemas saat berpuasa.

Solusinya yaitu konsumsilah makanan seperti nasi merah, roti gandum dan oatmeal yang akan membuat Anda berenergi seharian dan rasa lapar pun tak terasa selama berpuasa.

4. Mengkonsumsi terlalu banyak air putih

Memang benar jika air putih merupakan asupan yang baik untuk tubuh. Namun bukan berarti kamu harus mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Kita tetap harus mempertimbangkan kuantitas air putih yang kita minum. Kebanyakan minum air putih akan menaikkan asam lambung sehingga berdampak pada gangguan pencernaan.

Inilah kesalahan yang sering dilakukan saat sahur yang tidak kita sadari. Karena kita tidak menyadarinya, maka kita terus-menerus melakukannya dari waktu ke waktu tanpa tahu akibatnya.

Itulah beberapa informasi mengenai kesalahan yang sering dilakukan saat sahur. Perhatikan kesalahan tersebut dan jadikan sebagai pelajaran untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. (Red)