Beranda Hukum Polda Banten Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Polda Banten Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

32
0
Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo

SERANG – Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan pihaknya siap menghadapi kemungkinan lonjakan arus penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni yang diprediksi terjadi mulai H-4 hingga H-2 Lebaran.

Menurut Brigjen Sigit, situasi secara umum dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Kalimaya 2018 di wilayah hukum Polda Banten masih relatif aman dan kondusif.

“Hingga saat ini, arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak belum terjadi kepadatan, baik antrean penumpang maupun kendaraan yang akan menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung. Lonjakan diprediksi terjadi pada H-4 hingga H-2,” kata Kapolda, dilansir tandaseru.id.

Dia menyampaikan hal itu kepada Kapolri Jenderal H. M. Tito Karnavian yang meninjau jalur mudik dan kesiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2018 oleh personel Polda Banten, Senin.

Kapolda Banten menyampaikan pihaknya dengan menyiapkan Pos Pengamanan Mudik Lebaran yang dilengkapi dengan CCTV dan tempat peristirahatan di sejumlah titik.

Brigjen Sigit menyampaikan pola pengamanan penyeberangan Pelabuhan Merak akan dibagi ke dalam tiga situasi. Pertama, Situasi Hijau yaitu situasi antrean kendaraan masih tertampung di dalam pelabuhan.

Dalam situasi ini, pengamanan di dalam area pelabuhan dilakukan kendali operasional oleh Kapospam.

Kedua, Situasi Kuning yaitu ketika antrean kendaraan keluar pelabuhan di kantong dan flyover Cikuasa Atas. Cara bertindak Situasi Hijau dan luar pelabuhan pelabuhan sampai dengan flyover. Kendali operasi oleh Karendalopsres.

Ketigayakni Situas Merah, dimana antrean kendaraan hingga keluar pelabuhan dari flyover sampai dengan Simpang Gerem atau depan pintu tol Merak

Cara bertindak Situasi Kuning serta pengamanan di luar pelabuhan dari flyover sampai dengan Simpang Gerem. Kendali operasional oleh Kasatgasopsda.

“Secara umum Polda Banten beserta unsur Pemerintah Provinsi siap untuk memberikan pelayanan dan melakukan pengamanan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun ini,” kata Brigjen Sigit. (Red)