Beranda Pesona Ramadan Tips Supaya Tetap Semangat Puasa

Tips Supaya Tetap Semangat Puasa

88
0
Ilustrasi - foto istimewa prelo.co.id

Sebelum beribadah puasa pastinya terlebih dulu melakukan makan sahur. Akan tetapi dikarenakan sahur dilakukan saat dini hari, terkadang Anda lupa atau melewatkannya sehingga Anda harus berpuasa sepanjang haru tanpa modal di perutnya.

Pastinya yang demikian ini sangat tidak mengenakkan, bukan? Lalu, bagaimana agar Anda bisa tetap bersemangat puasa walaupun lupa sahur? Berikut tips agar tetap semangat puasa meski lupa sahur.

Tips Agar Tetap Semangat Puasa Meski Lupa Sahur

1. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin mempunyai manfaat luar biasa, yakni bisa membuat Anda terasa lebih segar, fresh, dan tidak lemas. Pada saat Anda lupa makan sahur, silakan mandi dengan air dingin selama 3 – 5 menit. Ini akan membantu Anda untuk lebih segar dan bersemangat.

2. Tidur secukupnya

Tips selanjutnya adalah istirahat siang hari secukupnya bila memang memungkinkan. Tidur dan istirahat akan membant Anda untuk menahan rasa lapar pada saat berpuasa. Asal Anda tak sampai lupakan kewajiban ibadah Anda yang lainnya, ya!

3. Menghindari pekerjaan berat

Pada saat Anda melakukan pekerjaan berat, pastinya Anda akan habiskan tenaga lebih banyak lagi ketika lupa sahur. Makanya kami sarankan agar Anda menghindari terlebih dulu melakukan pekerjaan yang berat – berat pada saat Anda lupa sahur.

5. Mencari kesibukan

Puasa pastinya akan terasa lebih lama pada saat Anda tidak melakukan hal apapun. Nah, saat merasa lebih lama pastinya juga merasakan lapar. Oleh sebab itu, silakan cari kesibukan seperti menulis, membaca, mendengarkan musik, dan lainnya yang bisa isi waktu agar tidak teringkat bahwa tadi Anda lupa sahur.

6. Menguatkan niat

Niat memang jadi salah satu hal paling penting, sebab ini adalah awal dari segala perbuatan manusia. Apabila Anda memiliki buat puasa kuat, bisa dipastikan puasa yang Anda jalankan akan lancar juga meskipun lupa sahur.

Sumber : ohayo.com