Beranda Gaya Hidup Olahraga Ringan yang Cocok Saat Berpuasa

Olahraga Ringan yang Cocok Saat Berpuasa

32
0
Ilustrasi - foto istimewa ohayo.co.id

Saat berpuasa tubuh kita tidaklah harus dimanjakan dengan terus menerus tidur seharian. Justru tanpa aktivitas atau jarang bergerak, puasa bisa membuat kita semakin lemas. Padahal jika berpuasa kita tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dan juga melakukan olahraga.

Karena dengan kebiasaan ini tubuh kita bisa lebih sehat serta menjaga kenaikan berat badan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan meskipun sedang berpuasa.

Olahraga adalah kunci dari kesehatan kita. Tua maupun muda, dewasa maupun anak tetaplah disarankan melakukan olahraga agar terhindar dari serangan penyakit. Pun juga dengan berpuasa, ada jenis olahraga yang tetap bisa dilakukan tanpa membuat kita terlalu lelah.

Untuk menghindari dehidrasi, waktu berolahraga ketika berpuasa memang juga perlu diatur sedemikian rupa. Berikut merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa.

Dari beberapa jenis olahraga yang ada, kita bisa melakukannya meski sedang dalam kondisi berpuasa. Tanpa menyita banyak tenaga yang membuat tubuh terlalu lelah.

Ada olahraga yang bisa dilakukan di pagi hari setelah sahur, ada pula yang dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Berikut seperti dilansir ohayo.co.id.

1. Yoga

Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa yang pertama adalah yoga. Gerakan yang tidak terlalu menguras energi tetapi membuat tubuh lebih sehat. Prosesi yoga memang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan. Hal ini bisa membantu adanya proses suplai oksigen ke dalam otak serta membantu fokus kita serta berpikir jernih. Tidak hanya itu kita bisa merasa tenang dan nyaman selama berpuasa.

2. Jogging/ Treadmill Ringan

Intensitas jogging sangat baik untuk dilakukan. Pun saat berpuasa, kita tetap bisa melakukan lari pagi saat selesai sahur. Jogging di pagi hari masih sangat memungkinkan untuk dilakukan karena tidak membuat kita merasa lelah yang berkepanjangan. Ada banyak energi yang tersimpan dalam tubuh setelah makan sahur. Caranya cobalah jogging sekitar 20 hingga 30 menit untuk menjaga tubuh agar tetap bugar.

3. Jalan Santai

Jika memang kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk jogging atau olahraga lainnya, jalan santai bisa menjadi rekomendasi tepat. Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa salah satunya adalah jalan santai. Jalan 10 ribu langkah per harinya bisa mencegah adanya osteoporosis. Pilih waktu yang tepat misalnya seperti sore hari jelang buka puasa. Jalan santai di tempat atau ruang terbuka hijau sangat membantu kita untuk refreshing pikiran kita.

4. Bowling

Jenis olahraga yang condong pada permainan dan bisa kita lakukan saat berpuasa adalah bowling. Olahraga ringan ini bisa membantu kita untuk tetap sehat selama berpuasa. Pastikan tubuh tetap aktif bergerak agar stamina juga tetap terjaga. Bowling bersama rekan kerja atau teman – teman anda bisa menjadi pilihan tepat membuat tubuh sehat.

Baca Juga : Jenis Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan Selama Bulan Puasa

5. Angkat Beban

Olahraga angkat beban tetap bisa kita lakukan meski sedang berpuasa. Cobalah memilih beban yang tidak terlalu berat dan lakukan secara perlahan. Hal ini untuk menghindari agar otot tidak kram. Lakukan pada sore hari jelang berbuka puasa.

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa ini menjadi pilihan tepat membuat tubuh tetap sehat. Pilih waktu saat selesai sahur atau jelang berbuka puasa. Dua waktu ini akan mensiasati tubuh tidak terlalu Lelah ketika melakukan aktifitas olahraga. Karena berpuasa bukanlah alasan untuk bermalas – malasan. (Red)