Beranda Kesehatan Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggosok Gigi

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggosok Gigi

41
0
Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Gigi adalah salah satu bagian dari dalam organ mulut yang harus selalu dijaga kebersihannya. Sebab, jika gigi dalam keadaan kotor, maka akan menjadi sarang bakteri yang akhirnya menyebabkan masalah gigi, salah satunya adalah gigi berlubang.

Untuk itu, Anda harus rutin menggosok gigi sedikitnya dua kali sehari. Akan tetapi, masih banyak yang melakukan kesalahan dalam menggosok gigi. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat menggosok gigi.

1. Mencuci Kepala Sikat

Mencuci kepala sikat sebelum dimasukkan ke dalam mulut untuk menyikat gigi sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Hal ini mungkin penting dilakukan agar sikat gigi dalam kondisi bersih sebelum dimasukkan ke dalam mulut sehingga menurunkan risiko menyebarnya kuman dan bakteri. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa saat mencuci kepala sikat gigi, Anda harus mencuci secara sempurna. Bukan hanya bulu pada sikatnya saja yang dicuci, melainkan seluruh kepala sikat juga harus dicuci dengan bersih.

2. Gerakan Menyikat

Meskipun gerakan menyikat bisa dilakukan dengan gerakan apa saja yang penting bersih, namun sebaiknya lakukan gerakan naik turun untuk menyikat gigi. Hal ini dikarenakan gerakan menyikat gigi yang sembarangan dapat merusak email gigi. Sementara gerakan menyikat gigi naik dan turun tidak menyebabkan email gigi rusak.

3. Berkumur dengan Bersih

Berkumur merupakan bagian terakhir dari proses menyikat gigi. Dalam berkumur, sebaiknya pastikan berkumur dengan bersih dan tidak ada sisa pasta gigi yang menempel. Anjuran untuk berkumur dengan bersih sangat penting, karena jika masih ada sisa pasta gigi yang menempel dan kondisi di dalam mulut masih kotor, maka dapat mempengaruhi keadaan gigi. Selain itu, tidak berkumur dengan bersih juga mengakibatkan gigi keropos dalam jangka waktu yang lama. (Red)

Sumber : doktersehat.com