Beranda Pemerintahan Tanpa Dukungan APBD, Festival Cikoromoy Tetap Berjalan

Tanpa Dukungan APBD, Festival Cikoromoy Tetap Berjalan

65
0
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi

PANDEGLANG – Bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1439 H/2018, Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang akan menyelenggarakan kegiatan “Festival Cikoromoy”. Kegiatan ini tanpa dukungan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pandeglang.

“Ini memang tidak ada dalam scadjule kegiatan, namun kami menggagas acara ini untuk meningkatkan daya tarik wisata Cikoromoy dan dananya semua dari sponsor yang ikut memeriahkan acara tersebut,” kata Kasi Obyek Wisata Bidang Pengembangan Cicih Nurlaela, Minggu (10/6/2018).

Menurutnya, kegiatan ini sangat berbanding lurus dengan peningkatan Penadapatan Asli Daerah (PAD). “Jika Daya tarik wisata cikoromoy meningkat otomatis kunjungan wisatawanpun meningkat, dan target PAD akan tercapai,” ungkapnya.

Selain itu, Cicih menjelaskan, tujuan umum dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di buferzone pariwisata terutama dilokasi wisata obyek wisata cikoromoy.

“Dalam event tersebut akan dilaksanakan beberapa agenda kegiatan diantaranya, Bazar kuliner, Parade Band, Pentas Kesenian Daerah, Dan Panggung Hiburan,” tambahnya.

Masih kata Cicih, event ini merupakan kegiatan pertama di hari libur lebaran sebagai upaya mempromosikan destinasi wisata, serta melestarikan kearifan lokal baik kesenian maupun kuliner yang ada di Pandeglang.

Acaranya akan kami gelar tanggal 16-24 Juni 2018 yang bertempat di kawasan Wisata Kolam Renang Prestasi Cikoromoy, Desa Kadubumbang, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, tepatnya pukul 07.00 – 17.00 WIB,” jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Salman Sunardi mengatakan, kegiatan ini memang tidak ada dalam jadwal kegiatan tahun 2018. Namun kata Salman, ini sebuah gagasas bagus untuk memajukan wisata kolam renang berprestasi di Pandeglang.

“Ini ide yang bagus, tahun depan kegiatan Festival Cikoromoy ini harus masuk di agenda tahunan karena untuk akses Cikoromoy cukup bagus dapat dijangkau dari mana-mana dan sangat potensial,” tandasnya. (Med/Red)