Beranda Peristiwa Pemudik Membludak, Antrean Kendaraan Mengular di Tol Tangerang-Merak KM 96

Pemudik Membludak, Antrean Kendaraan Mengular di Tol Tangerang-Merak KM 96

65
0
Antrean pemudik kendaraan roda dua di Dermaga enam Pelabuhan Merak

CILEGON – Pemudik yang hendak menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak mulai padat. Lonjakan pemudik kendaraan pribadi dan roda dua mulai terlihat.

Bahkan kendaraan pribadi yang menuju Pelabuhan Merak padat di Gerbang Tol Merak. Menurut informasi antrean kendaraan di Gerbang Tol Merak hingga pukul 00.50 WIB, Minggu (10/8/2018) mengular hingga KM 96,500 atau sekitar 2 kilometer dari Gerbang Tol Merak.

Sementara kendaraan roda dua juga terlihat sudah mulai terlihat memadati Pelabuhan Merak. Kendaraan roda dua tampak padat di Dermaga enam Pelabuhan Merak.

Meningkatnya jumlah pemudik di Pelabuhan Merak sesuai dengan prediksi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak.

Manager Lalu Lintas PT Marga Mandalasakti (MMS), Rahmat mengatakan anterean kendaraan pribadi hingga KM 96,500 terjadi sejak pukul 23.00 WIB. Ini akibat volume kendaraan yang meningkat dari Jakarta.

“Kita juga mengupayakan mengurangi antrean di Tol Cikupa, sehingga kendaraan yang sampai Gerbang Tol Merak cukup besar sampai sekitar 40 kendaraan per menit,” terangnya.

Dikatakan bahwa, berdasarkan koordinasi dengan Polda Banten, bila kendaraan terus mengular hingga Gerbang Tol Cilegon Barat, pihaknya akan tetap berkoordinasi dengan Polda Banten, apakah kendaraan dialihkan keluar tol atau tidak.

“Namun kita akan upayakan tetap ditahan di dalam tol. Karena bila dikeluarkan dari dalam tol akan cukup membahayakan kendaraan roda dua,” jelasnya.

Dikatakan bahwa, pihaknya saat ini memaksimalkan pelayanan dengan mengoperasikan sebanyak empat lajur loket pembayaran gerbang Tol Merak.

“Bila padat lagi kita akan operasikan dua gardu lagi untuk memaksimalkan antrean kendaraan. Jadi ada enam gardu yang beroperasi,” paparnya.

Namun demikian, kata dia, dengan semakin berjalannya waktu kendaraan dari arah Jakarta mulai normal. Sehingga jumlah kendaraan akan semakin berkurang.

“Sementara ini antrean di Cikupa sudah mulai normal. Dengan demikian lalu lintas di Gerbang Tol Merak juga akan menurun karena lalu lintas dari Jakarta sudah berkurang,” katanya. (Man/Red)