Beranda Peristiwa Antisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Merak, Kapal Kapasitas Besar Diprioritaskan Operasi

Antisipasi Lonjakan Pemudik di Pelabuhan Merak, Kapal Kapasitas Besar Diprioritaskan Operasi

39
0
Ilustrasi - foto istimewa detik.com

CILEGON – Guna mengantisipasi lonjakan pemudik di Pelabuhan Merak, kapal-kapal berkapasitas besar bakal di prioritaskan. Itu dilakukan supaya antrean kendaraan tidak mengular keluar pelabuhan.

Eko Purwanto, Koordinator Satpel Pelabuhan Merak pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, mengatakan ada sebanyak 24 kapal dengan kapasitas besar yang bakal doperasikan.

“Kita akan mulai operasikan kapal dengan kapasitas besar malam ini. Kapal besar ini jadi prioritas,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (9/6/2018).

Dikatakan bahwa, saat ini kapal yang beroperasi secara keseluruhan sebanyak 36 kapal. “Kapal kapal kecil dan kapal sedang juga tetap beroperasi karena kan tidak semua dermaga memiliki kapasitas besar, seperti dermaga empat dan dermaga lima,” terangnya.

Dia menyatakan mudik kali ini terlihat berbeda dengan mudik sebelumnya. Sebab, waktu cuti bersama dan libur swasta berbeda. Sehingga pemudik tidak datang serentak.

“Seperti malam kemarin, kita tidak perkiraan akan banyak pemudik yang menyeberang, namun ternyata Pelabuhan Merak penuh. Alhamdulillah bisa kami atasi,” katanya.

Dia memperkirakan satu atau dua hari ini masih akan didominasi kendaraan truk yang hendak menyeberang ke Sumatera.

“Soalnya kan H-4 Lebaran truk sudah tidak boleh lagi nyeberang ke Sumatera,” imbuhnya. (Man/Red)