Beranda Pesona Ramadan Buka Puasa dengan Buah yang Kaya Air Ini, Seger!

Buka Puasa dengan Buah yang Kaya Air Ini, Seger!

44
0
Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

Berpuasa membuat tubuh kita akan cenderung lemas dan dehidrasi karena kurangnya asupan makanan dan minuman. Masalah yang sering dipermasalahkan saat menjalani ibadah puasa yaitu masalah dehidrasi tubuh. Karena dehidrasi maka tubuh akan cenderung mudah lelah dan pusing atau sakit kepala.

Meskipun berpuasa, kita harus bisa memenuhi asupan kebutuhan cairan tubuh kita agar tidak terkena dehidrasi dan bisa tetap sehat dalam menjalani ibadah puasa dibulan ramadhan. Oleh karena itu, kita tidak hanya dianjurkan untuk memperbanyak minum saat malam hari, namun juga dianjurkan buka puasa dengan buah yang kaya air.

Buah yang kaya air memang merupakan asupan makanan yang sangat cocok dibulan puasa ini. buah-buahan ini bisa menambah cairan tubuh dan mencegah dehidrasi pada tubuh. Berikut ini adalah macam-macam dari buah-buahan yang bisa Anda jadikan menu buka puasa.

1. Semangka

Buka puasa dengan buah yang kaya air seperti buah semangka ini akan menambah asupan cairan tubuh. Buah semangka terkenal sebagai buah yang segar dan pastinya kaya air dan manis. Selain itu, buah semangka juga mengandung beberapa zat yang bermanfaat untuk tubuh seperti magnesium, kalsium, sodium, dan potassium yang ampuh untuk menghidrasi tubuh kita dibandingkan air. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk buka puasa dengan buah semangka ini.

2. Jeruk

Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah jeruk juga memiliki kandungan kadar air yang tinggi sebesar 87%. Dengan kandungan air yang setinggi itu pastinya mengkonsumsi jeruk bisa menghidrasi tubuh Anda dan mencukupi cadangan air saat menjalani puasa.

3. Buah Beri

Buah yang kaya air cocok untuk buka puasa selanjutnya adalah buah beri. beri-berian merupakan buah yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin C serta 92% air yang sangat baik untuk meghidrasi tubuh. Vitamin C yang terkandung pada beri-berian ini bisa membersihkan arteri serta meregulasi gula darah kita. Selain itu, rasa buah beri ini juga segar dan enak untuk dijadikan menu buka puasa.

4. Anggur

Siapa yang tak kenal dengan buah satu ini. Anggur ternyata juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan cocok dikonsumsi saat buka puasa. Anggur mengandung resveratrol serta antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Semua jenis anggur seperti anggur merah, hijau, dan hitam bisa Anda jadikan sebagai menu buka puasa untuk menambah cairan tubuh di bulan ramadhan ini.

Baca Juga : Selain Kurma, Ternyata Buah Ini Juga Baik untuk Membatalkan Puasa lho

5. Air Kelapa

Air kelapa yang berasal dari buah kelapa muda ini mengandung sodium dan karbohidrat yang rendah, namun memiliki kemampuan mengganti ion tubuh yang hilang saat berpuasa seharian. Karena itulah, tak jarang banyak minuman penambah ion yang mengandalkan air kelapa sebagai bahan utamanya.

6. Mangga

Buah yang biasanya terkenal asam ini ternyata bisa dijadikan sebagai salah satu menu buka puasa terbaik. Mangga mengandung 135 kalori dan banyak nutrisi lainnya seperti vitamin A, B6, C dan juga serat. Dengan mengkonsumsi buah mangga, Anda bisa menambah cairan tubuh setelah seharian berpuasa dan juga memperlancar pencernaan dengan kandungan serat dalam buah ini.

Itulah tadi beberapa jenis buah yang kaya kandungan air dan cocok untuk dijadikan santapan saat buka puasa. Anda bisa mencobanya di rumah dengan mengkreasikan buah-buahan tersebut menjadi santapan yang menarik seperti es buah, jus, salad ataupun lain sebagainya. (Red)