Beranda Pesona Ramadan Buah Ini Dijamin Bikin Puasa Sehat

Buah Ini Dijamin Bikin Puasa Sehat

83
0
Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

Tak jarang ada juga yang melewatkan menu buka puasa seperti buah. Padahal buah memiliki manfaat yang banyak, apalagi saat menjalani ibadah puasa.

Salah satu buah yang menjadi buah favorit Rasululah dan para sahabatnya adalah buah kurma. Memakan buah kurma pun menjadi salah satu anjuran ketika berbuka puasa karena merupakan sunnah.

Namun ternyata, gak cuman buah kurma saja yang bisa membuat puasa kamu lebih berkah dan sehat. Ada 5 buah yang juga bisa kamu komsumsi saat berbuka puasa. Buah ini juga disebutkan di dalam Al-quran.

1. Salah satu buah yang cocok kamu jadikan hidangan untuk buka puasa adalah buah tin

Buah tin salah satu buah yang disebutkan dalam al-quran, khususnya surah At-tin. Buah ini merupakan buah yang langsung diturunkan dari surga. Buah tin memilki banyak manfaat dalam hal kesehatan, salah satunya mengobati wasir dan encok.

Kandungan kalorinya yang 74 kalori cukup untuk memulihkan tenaga setelah berbuka puasa.

2. Buah anggur, sebagai buah surga yang dari kulit hingga dagingnya memiliki banyak manfaat

Buah anggur juga salah satu buah yang paling sering disebutkan dalam al-quran. Ibnu Qayyim seseorang ahli tafsir dan ahli hadist mengatakan jika buah anggur merupakan buah terbaik karena bisa dimakan dalam keadaan basah maupun kering, masih hijau atau sudah masak.

Buah anggur disebutkan dalam beberapa surah yaitu An-Nahl ayat 10-11,Al-Mu’min ayat 19, dan beberapa surah lainnya dalam al-quran.

3. Buah zaitun juga sering disebutkan dalam al-quran

Buah zaitun merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama sakit jantung. Buah ini memiliki kandungan lemak loh,sehingga sangat cocok untuk teman buka puasa.

4. Buah delima, buah yang satu ini dapat membersihkan lambung lho!

Buah delima merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan, terutama dalam hal membersihkan lambung sesuai hadist riwayat Harb dan parawi yang meriwayatkan Ali Bbin Abi Thalib. Buah delima juga disebutkan dalam sura Ar-Rahman ayat 68 sebagai buah yang ada di surga bersama buah kurma.

Hal ini sesuai sabda Rasululah Saw “Maing-masing dari buah delima kalian diserbuki oleh benih delima surga (HR Muslim)”. Tapi ingat ya, hindari memakan langsung buah ini ketika buka puasa.

Karena kandungan asamnya yang cukup tinggi bisa bikin perut kamu sakit. Setidaknya makan yang lain dulu terus makan buah ini.

5. Buah pisang yang penuh berkah

Buah pisang disebutkan dalam al-quran surah Al Waqiah ayat 27-31. Buah pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengobati radang paru-paru, dada dan batuk.

Pisang sangat baik dikonsumsi saat buka puasa karena memiliki nutrisi yang lengkap seperti air, gula, protein, vitamin dan juga mineral. Selain itu, pisang juga memiliki kalori yang cukup untuk menu buka puasa kamu.

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, rasa buah-buah yang ada di daftar atas kalau soal rasa pastinya segar dan lezat. Jadi agar puasa kamu lebih berkah dan sehat, jangan lupa komsumsi buah-buahan tersebut ya! (Red)

Sumber : IDN Times