Beranda Gaya Hidup Makanan yang Bisa Dongkrak Stamina Tubuh

Makanan yang Bisa Dongkrak Stamina Tubuh

40
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Saat menjalankan ibadah di bulan Ramadan perlu stamina tubuh yabg baik.  Salah satu caranya yakni dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Lalu, apa saja makanan yang bisa meningkatkan stamina dan tetap sehat selama menjalankan puasan di bulan Ramadan ?

Ahli gizi (Dietisien) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Iis Rosita, buah – buahan berwarna oranye atau merah cocok dikonsumsi pada saat berbuka puasa karena mengandung vitamin C.

“Seperti jeruk, jambu biji merah, pepaya,” kata Iis dilansir liputan6.com.

Jangan lupa juga untuk memasukkan beberapa jenis sayuran yang memiliki booster terhadap stamina tubuh dengan baik. Seperti sayuran hijau dan berwarna seperti wortel dan tomat yang cocok disantap saat bulan Ramadan dengan kondisi masih segar.

Tambahkan juga makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu, tempe agar stamina tetap terjaga.

Bila mengonsumsi protein hewani, diharapkan menghindari yang tinggi lemak. “Untuk yang sudah berusia (lanjut usia) hindarilah protein hewani yang berlemak tinggi. Jadi kalau mau makan daging cari yang tidak berlemak kalau makan ayam jangan sama kulitnya,” ujar Iis.

Sumber protein hewani yang paling baik kata Iis yaitu ikan. Bagi yang sudah 30 tahun ke atas, amat dianjurkan untuk mengonsumsi ikan agar kandungan lemak dalam tubuh tidak terlalu menumpuk.

Menurut Iis, usia 30 tahun keatas disarankan untuk mengurangi mengonsumsi lemak, karena rentan terkenana penyakit degeneratif. Ini adalah penyakti yang timbul karena pertambahan usia maupun karena gaya hidup tak sehat.

“Ya usia segitu sekarang harus lebih protektif terhadap konsumsi makanan,” jelas Iis. (Red)