Beranda Kesehatan 4 Khasiat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui Orang

4 Khasiat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui Orang

94
0
Ilustrasi - foto istimewa medcom.id

Selain memberikan kontribusi gizi lebih tinggi daripada apel, pisang juga dapat menyediakan cadangan energi dengan cepat.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Pisang juga kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Selain itu, pisang mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Hal yang paling umumnya dilakukan oleh orang-orang adalah memakan daging buahnya, lalu membuang kulitnya. Namun ternyata ada berbagai macam keajaiban yang bisa diciptakan dari buah tersebut, dari soal kecantikan hingga bersih-bersih perabot.

Dikutip dari liputan6.com, berikut manfaat kulit pisang yang masih belum diketahui.

1. Kurangi Jerawat dan Cegah Kerut Wajah

Kulit pisang mengandung vitamin C, vitamin E, kalium, seng (zinc), besi, dan mangan. Nutrisi ini dapat menenangkan kulit yang meradang dan mengurangi jerawat.

Selain itu, kulit pisang mengandung lutein dan karotenoid yang merupakan senyawa larut dalam lemak. Kandungan zat ini juga bisa membantu melawan peradangan dan jerawat parah.

Caranya: gosok kulit pisang ke kulit wajah dengan lembut dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Setelahnya, bilas dengan air. Aplikasikan cara ini dua kali sehari.

Selain bantu mengatasi jerawat, kulit pisang juga bisa digunakan untuk melawan kerutan di wajah. Antioksidan dan vitamin C dalam pisang dapat membantu mengurangi munculnya keriput.

Caranya: gosok kulit pisang ke kulit wajah yang dirasa mulai kehilangan elastisitasnya dan biarkan selama 30 menit atau semalam. Lalu, cuci muka dan lembabkan. Ulangi tiap 3 kali seminggu.

2. Pembersih Perak dan Serpihan Kaca

Ketika perak Anda mulai kehilangan kilaunya atau kotor, cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan kulit pisang. Bagian dalam kulit pisang mengandung zat seperti potasium yang membantu membersihkan benda-benda logam.

Caranya: ambil kulit pisang dan letakkan dalam blender. Tambahkan setengah cangkir air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Gosokkan perak Anda dengan pasta ini selama beberapa menit.

Selain untuk logam, kulit pisang ternyata punya keajaiban lain, yaitu membersihkan serpihan kaca yang masuk ke kulit kita.

Kulit pisang kaya akan enzim. Enzim-enzim ini memiliki tindakan menarik yang bisa menarik subjek asing ke permukaan kulit kita.

Caranya: oleskan kulit pisang matang ke area kulit yang terkena, diamkan kulit selama 15 menit, hapus dengan lembut tanpa menggosokkannya pada kulit. Kemudian lepaskan serpihannya.

3. Pengurang Gatal dan Penghilang Bekas Luka

Kulit pisang memiliki kemampuan untuk mengurangi iritasi kulit secara drastis, seperti pembengkakan, kemerahan, dan jaringan parut.

Caranya: ambil kulit pisang dan oleskan ke daerah yang terkena, biarkan selama satu jam atau semalam. Ulangi setiap hari.

Selain itu, kulit pisang bisa jadi obat rumahan yang bagus untuk mengatasi kulit gatal. Kulit pisang mengandung histamin dan nutrisi seperti magnesium, vitamin C, dan vitamin E. Gunakan kulit pisang untuk menghilangkan gatal dari racun ivy atau gigitan nyamuk.

Caranya: oleskan kulit pisang ke area yang terkena, biarkan selama 10 hingga 15 menit. Hapus dan ulangi ke area yang terkena dampak.

4. Pemutih Gigi dan Penghilang Sakit Kepala

Kulit pisang matang sangat kaya akan potasium yang dapat membantu mengurangi noda kuning pada gigi.

Caranya: setelah menyikat gigi, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi selama 2 menit, bilas. Lakukan setiap hari.

Sedangkan untuk mengobati migrain, Anda hanya perlu meletakkan kulit pisang di dahi dan di belakang leher. Zat kalium yang dikandung dalam kulit pisang membantu meringankan rasa sakit kepala.

Caranya: masukkan kulit pisang ke dalam freezer selama satu jam. Oleskan satu baris kulit ke dahi Anda dan satu ke belakang leher Anda. Biarkan hingga menjadi hangat. Ulangi jika Anda masih merasakan sakit kepala. (Red)