Beranda Kesehatan Ini Risiko Akibat Konsumsi Minuman Bersoda

Ini Risiko Akibat Konsumsi Minuman Bersoda

57
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Jika anda suka minuman ada baiknya Anda pertimbangkan lagi pilihan minuman kegemaran Anda tersebut, karena ternyata minuman bersoda memberikan cukup banyak risiko pada tubuh, apalagi jika Anda seorang wanita.

Ya, minuman bersoda ternyata memiliki cukup banyak efek negatif untuk kesehatan tubuh. Kerugian ini akan muncul jika kita mengonsumsi minuman bersoda pada waktu dan jumlah yang tidak tepat.

Kira-kira, apa saja sih bahaya konsumsi minuman bersoda?

Kandungan zat dan gizi dalam minuman bersoda

Seperti yang kita tahu, minuman bersoda memiliki rasa manis dan memberikan sensasi soda tersendiri. Hal ini tentu memengaruhi kandungan gizi yang ada pada minuman bersoda.

Lazimnya, sebagian besar kandungan gizi yang ada pada minuman bersoda adalah gula, yang termasuk dalam gula buatan yang sangat manis.

Gula buatan yang ditambahkan dalam minuman bersoda umumnya memiliki kandungan gula, atau kadar rasa manis, yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan kandungan gula pada minuman atau produk kemasan berpemanis lainnya.

Selain itu, minuman bersoda juga memiliki kandungan zat kimia yang ditambahkan dalam proses pembuatannya untuk memberikan rasa khas soda pada minuman.

Dengan adanya kandungan tersebut, lalu apa efek negatif dari konsumsi minuman bersoda?

Seperti yang kita ketahui, salah satu risiko kesehatan utama dalam konsumsi minuman bersoda adalah meningkatnya risiko diabetes.

Hal ini akan terjadi jika pada pria maupun wanita, konsumsi minuman bersoda tidak terontrol, dengan jumlah dan porsi yang berlebihan.

Selain itu, beberapa studi kini mulai meneliti dan membuktikan bahwa konsumsi minuman bersoda, dengan 1-2 porsi setiap hari, dapat menyebabkan risiko kesehatan lainnya yaitu menyebabkan kondisi tidak subur pada pasangan.

Ya, ternyata konsumsi minuman bersoda yang tidak tepat meningkatkan risiko kemungkinan pasangan tidak segera mendapatakan keturunan. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat kimia yang ditemabhakan pada prosese pembuatan minuman bersoda.

Lalu, apa kerugian konsumsi minuman bersoda pada wanita?

Berdasarkan data yang dilansir oleh Medical Daily, konsumsi minuman bersoda akan memberikan beberapa dampak pada wanita yaitu:

1. Peningkatkan risiko obesitas

Pada wanita, risiko obesitas akibat konsumsi minuman bersoda akan lebih berbahaya karena berefek pada kondisi kesehatan wanita, misalnya risiko gangguan kadar gula pada kondisi hamil atau menyusui.

Lebih lanjut, kondisi obesitas akan menyebabkan munculnya berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Gangguan hormon

Berkaitan dengan poin nomor satu, wanita yang terlalu sering konsumsi minuman bersoda dan mengakibatkan obesitas akan cenderung mengalami gangguan pada produksi hormon.

Hal ini yang kemudian di klaim menyebabkan gangguan pada kesuburan wanita karena hormon pemicu kehamilan terganggu produksinya.

3. Produksi sel telur sedikit dan kualitas sel telur menurun

Hormon yang tidak terbentuk dengan baik pada wanita akibat konsumsi minuman bersoda akhirnya akan benar-benar mengganggu kesuburan karena hal ini telah terbukti akan membuat produksi sel telur wanita semakin rendah diiringi dengan kualitas sel telur yang semakin buruk.

Lebih lanjut, hal ini akan semakin menekan kemungkinan terjadinya kehamilan pada wanita yang terbiasa mengonsumsi minuman bersoda.

4. Meningkatkan risiko keguguran

Selain menyebabkan wanita sulit untuk mengalami kehamilan. Minuman bersoda yang dikonsumsi tidak tepat juga akan mengganggu tumbuh kembang janin dalam tubuh. Mengapa?

Asupan zat yang terkandungn pada minuman bersoda telah terbukti akan memengaruhi kualitas embrio, hal ini membuat embrio tidak bisa tumbuh optimal dan meningkatkan risiko keguguran. (Red)

Sumber : doktersehat.com