Beranda Kesehatan Manfaat Madu Jika Diminum Saat Sahur

Manfaat Madu Jika Diminum Saat Sahur

64
0
Ilustrasi - foto istimewa bintang.com

Agar sahur yang Anda lakukan bisa maksimal sehingga bisa pol sampai magrib, sebaiknya memberi tubuh nutrisi seimbang.

Selain mengonsumsi buah dan sayur, Anda juga disarankan untuk minum madu sebanyak 1-2 sendok.

Kalau Anda bingung mengapa madu harus dikonsumsi saat sedang sahur, berikut beberapa manfaatnya yang harus Anda ketahui. Berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Pemanis makanan

Saat sedang berpuasa, makanan manis sering sekali dikonsumsi karena bisa memberikan energi secara instan. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dengan tambahan gula justru tidak baik untuk kesehatan.

Nah, sebagai alternatif pengganti rasa manis inilah, madu sangat dianjurkan. Anda bisa mencampur madu untuk membuat minuman seperti teh atau dicampur dengan makanan lainnya.

Rasa manis dari madu berasal dari alam yang dikumpulkan oleh lebah. Oleh karena itu, rasa manis dari madu justru tidak memiliki efek samping pada tubuh sehingga bisa dikonsumsi kapan saja khususnya saat makan sahur.

2. Memberikan tambahan energi

Madu yang kita konsumsi mengandung banyak sekali gula alami seperti sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa. Gula alami ini akan memberikan suplai energi pada tubuh dengan instan dan bertahan lama hingga seharian.

Satu sendok madu mengandung sekitar 17 gram karbohidrat atau gula. Dengan kandungan yang cukup besar ini Anda bisa memanfaatkan madu untuk penambah energi yang setara dengan beberapa sendok dari nasi putih.

Saat sahur, konsumsilah madu sebanyak 1-2 sendok saja. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dicampur dengan air terlebih dahulu. Sesuaikan kebutuhan kalori Anda dengan madu agar tidak berlebihan.

4. Melindungi kerongkongan dan lambung

Saat sedang puasa, asam lambung yang ada di dalam tubuh akan meningkat cukup banyak. Peningkatan ini membuat Anda sering mengalami maag yang menyisa atau kalau sudah parah bisa mengalami GERD.

Nah, untuk mengatasi kondisi yang tidak diinginkan ini Anda disarankan untuk minum madu setiap sahur. Madu yang masuk ke dalam tubuh akan melindungi kerongkongan dan juga lambung. Gangguan seperti GERD bisa diatasi dengan baik.

Lebih lanjut, madu yang masuk ke dalam tubuh juga terbukti mampu menurunkan asam lambung. Minum 1 sendok makan saja akan membuat perut jadi nyaman sepanjang siang dan gangguan tidak diinginkan bisa dicegah.

5. Meningkatkan daya tahan

Madu yang dikonsumsi meningkatkan daya tahan dengan baik. Saat puasa biasanya penyakit seperti flu dan batuk sering sekali muncul sehingga Anda harus lebih mewaspadainya.

Dengan mengonsumsi 1-2 sendok kurma saat sahur, tubuh akan menjadi lebih kuat dan bertenaga. Anda tidak perlu was-was kalau sampai jatuh sakit karena madu bisa menangkal radikal bebas yang masuk dengan sempurna.

6. Menurunkan kadar trigliserida

Saat sedang puasa kita sering kali kalap dan akhirnya makan makanan yang terlalu berlemak seperti santan dan gorengan. Kalau kondisi ini terus dibiarkan, Anda akan mengalami penumpukan trigliserida dalam tubuh yang berbahaya pada kesehatan.

Kalau Anda ingin aman dari gangguan ini ada baiknya untuk mengonsumsi madu saat sedang sahur. Madu akan menurunkan kadar trigliserida dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan puasa berjalan dengan lancar.

Nah, semoga puasa kita yang tinggal beberapa hari ini bisa lancar ya. Konsumsi madu kalau Anda ingin sehat hingga Idulfitri. (Red)