Beranda Gaya Hidup Bukan Menyenangkan Saja, Ini Loh Manfaat Lain dari Mendengarkan Musik

Bukan Menyenangkan Saja, Ini Loh Manfaat Lain dari Mendengarkan Musik

48
0
Ilustrasi - foto istimewa Intisari Online

Mendengarkan musik bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, terlebih lagi ketika waktu senggang. Dengan musik, suasana hati yang sedang tidak stabil bisa berubah menjadi menyenangkan.

Selain itu, ada banyak manfaat lain dari mendengarkan musik yang bisa Anda rasakan. Apa saja itu? Berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Mungkin Anda tidak akan percaya bahwa mendengarkan musik bisa menjaga berat badan. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah restoran. Pemilik restoran mengubah ruangan dan alunan musiknya menjadi musik lembut seperti jazz. Hasilnya menunjukkan bahwa sekitar 18 persen pengunjung makan lebih sedikit dari biasanya. Hal senada juga dibenarkan oleh sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Psychological Reports.

2. Memberikan Kebahagiaan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa mendengarkan musik bisa membuat suasana hati menjadi menyenangkan, terutama musik dengan irama yang cepat. Rasa senang yang Anda rasakan akan memberikan dampak pada peningkatan aliran darah sehingga memberikan efek positif bagi kesehatan jantung.

3. Merasa Tenang dan Rileks

Selain dapat membuat hati terasa senang, mendengarkan musik juga bisa membuat Anda merasa tenang dan rileks. Mendengar musik favorit  bisa membantu menurunkan rasa cemas yang sedang Anda rasakan. Hal ini dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohio State university yang menyatakan bahwa mendengarkan musik favorit bisa membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Selain itu, mendengarkan musik favorit juga bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

4. Membantu Mengatasi Kanker

Mendengarkan musik juga bisa memberikan efek yang sangat luar biasa, yakni bisa membantu mengatasi kanker. Seperti yang Anda tahu bahwa kanker merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya di dunia. Jadi, tidak mungkin jika bisa diatasi hanya dengan mendengarkan musik.

Akan tetapi, sebuah penelitian yang dilakukan di salah satu rumah sakit menunjukkan fakta yang mengejutkan. Sebagian besar remaja yang menjalani perawatan kanker di rumah sakit, mendengarkan musik memiliki keterampilan dan daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan pasien kanker lainnya. Musik juga bisa membantu pasien kanker untuk mengontrol diri dari kesedihan yang mereka alami. (Red)