Beranda Pesona Ramadan Begini Nih Cara Buat Menu Sahur Sehat untuk Anak

Begini Nih Cara Buat Menu Sahur Sehat untuk Anak

47
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Ibu harus cermat memilih menu sahur bagi anak-anak. Selain mengenyangkan, menu sahur juga harus bergizi tinggi untuk memenuhi kebutuhan tenaganya sehari-hari. Lalu, menu apa saja yang sebaiknya dikonsumsi anak saat sahur?

Bagi anak yang sedang belajar berpuasa, menahaan lapar dan haus sepanjang hari tentu membutuhkan tenaga yang cukup. Karena itu sahur menjadi aktivitas penting bagi si kecil agar dapat menjalankan puasa dengan baik.

Bagi Anda yang ingin menyiapkan menu sahur untuk anak, berikut ini panduan singkat yang bisa Anda gunakan:

1. Perkaya protein

Makanan dengan protein dapat membantu meningkatkan energi selama berpuasa. Baik protein hewani maupun nabati, keduanya bisa dikonsumsi untuk penambah tenaga si kecil sehari-hari.

Beberapa makanan yang disarankan antara lain telur ayam, daging ayam atau daging ikan. Selain mengenyangkan, bahan makanan tersebut juga membantu daya tahan tubuh selama berpuasMenu Sahur Sehat Untuk Anaka.

2. Perkaya serat

Serat merupakan salah satu menu sahur pilihan yang baik. Konsumsi serat dapat membantu anak lebih kenyang sehingga mampu menahan lapar dengan lebih baik. Selain itu serat juga membanu mencegah sembelit yang sering dialami oleh orang yang berpuasa.

3. Karbohidrat unuk anak

Beberapa anak mengalami kesulitan makan nasi di saat sahur. Jika si kecil mengalami hal ini, maka Anda bisa menggantinya dengan kentang, mie, kwetiau atau pasta. Ingatkan anak untuk tidak mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak saat sahur karena dapat menyebabkan mengantuk di pagi hari.

4. Minum air putih yang cukup

Penting untuk memerhatikan asupan cairan saat berpuasa. Pastikan si kecil minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi dan kehausan saat berpuasa. Saat sahur, disarankan untuk minum 2-3 gelas air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nah, bagaimana Mom, tidak sulit kan menyiapkan menu sahur untuk buah hati Anda? Apa menu sahur favorit si kecil?

Sumber : doktersehat.com