Beranda Pesona Ramadan Tips Agar Tak Kalap Makan Saat Buka Puasa

Tips Agar Tak Kalap Makan Saat Buka Puasa

92
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Buka puasa memang yang paling ditunggu-tunggu. Namun kadang jadi ajang balas dendam karena menahan lapar belasan jam atau gara-gara lupa tidak sahur tadi subuh.

Alhasil, semua makanan menu buka puasa dimakan hingga perut kekenyangan.

Padahal, makan berlebihan saat buka puasa tak cuma membuat kekenyangan dan mengantuk. Makan berlebihan saat buka puasa bisa membuat berat badan naik.

Nah, berikut tips mengontrol diri saat berbuka puasa dan tidak sampai kekenyangan. Apa saja sih?

– Saat adzan magrib berkumandang, jangan langsung makan makanan yang berat. Awali buka puasamu dengan kurma atau air putih dulu. Hindari juga minum yang terlalu manis, karena bisa jadi rasa lapar yang kamu rasakan ini karena dehidrasi. Lebih baik dahulukan air putih.

Makan berat usai salat Magrib

– Setelah itu kamu bisa melakukan salat dulu dan melanjutkan dengan makan berat. Nah, jangan langsung makan daging atau nasi. Kamu bisa makan sayur atau buah terlebih dahulu.

– Saat makan kunyah dengan perlahan. Jangan makan terlalu cepat atau terburu-buru.Makan bersama keluarga juga bisa jadi cara untuk mengontrol diri dalam memilih makanan apa yang bakal kamu santap.

Saat waktu berbuka puasa tiba, jangan makan seolah-olah sudah tak ada lagi hari esok. Mengontrol diri dan hawa nafsu bisa menjadi kunci agar tidak terlalu rakus saat berbuka puasa. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya. (Red)

Sumber : liputan6.com