Beranda Pesona Ramadan Nikmatnya Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang

Nikmatnya Apem Cimanuk Kuliner Ramadan Khas Pandenglang

77
0
Apem Cimanuk - foto istimewa FBN

PANDEGLANG – Saat bulan Ramadan, menyantap berbagai kuliner lezat untuk berbuka puasa menjadi tradisi. Seperti di Kabupaten Pandeglang, ada makanan khas, namanya Apem Cimanuk.

Kue yang terbuat dari tepung beras ini, merupakan salah satu kuliner khas warga Pandeglang saat berbuka puasa. Jadi, jelas saja kalau kuliner ini sangat susah ditemui di luar bulan Ramadan.

Kue yang cukup dikenal sebagai Apem Cimanuk Bohay ini, dapat ditemui di Desa Kadu Bumbang, Kecamatan Cimanuk, Pandeglang.

Untuk cara pembuatannya dan menjaga kualitasnya, rasa apem putih, beras apem bohay digiling sendiri untuk dijadikan tepung, yang merupakan bahan baku kue tersebut.

Lalu, tepung beras, dicampur dengan tape. Setelah itu, adonanpun didiamkan selama satu malam agar mengembang.

Setelah didiamkan selama satu malam, adonan tersebut dimasukan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang lalu kemudian dikukus selama setengah jam.

Setelah matang, kuliner Ramadan ini disantap dengan unik, Kamu harus mencocol apem tersebut dengan cairan gula yang terbuat dari gula aren namun, jika tidak ada gula, kamu, bisa menggantinya dengan sirup gulamerah yang ditambahkan dengan santan dan potongan daun pandan. Nikmat bukan?

Sumber : industry.co.id