Beranda Kesehatan Makan Pakai Tangan Itu Lebih Sehat, Begini Penjelasannya

Makan Pakai Tangan Itu Lebih Sehat, Begini Penjelasannya

60
0
Ilustrasi - foto istimewa metrotvnews.com

Anggapan bahwa makan menggunakan tangan lebih sehat daripada harus menggunakan sendok dan garpu? Ya, anggapan tersebut memang sangat banyak dipercayai, khususnya bagi orang Indonesia yang masih memegang teguh kultur serta budayanya.

Selain itu, makan menggunakan tangan juga merupakan anjuran Nabi yang patut dipercaya dan dijalankan.

Namun, terlepas dari itu semua, ternyata makan menggunakan tangan memiliki manfaat bagi tubuh. Hal ini telah dibuktikan oleh hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Appetite, bahwa makan langsung menggunakan tangan bisa membuat pencernaan menjadi sehat akibat bakteri baik yang menempel pada jari setiap orang.

Pasalnya, dalam setiap makanan dipercaya memiliki mikroba yang cukup berbahaya dalam jangka panjang. Mikroba tersebut memang tak kelihatan dan jumlahnya pun tak sedikit. Untuk menangkalnya, penelitian itu mengatakan hanya ada satu solusi, yakni makan menggunakan tangan secara langsung.

Hal senada pun disampaikan oleh peneliti yang mempublikasikan hasil risetnya pada Journal Critical Nutrition yang mengatakan bahwa orang-orang yang sering sakit berasal dari kebiasaan makan menggunakan alat makan. Sebab, walau sudah dicuci sebersih apapun, alat makan masih menyimpan virus dan bakteri yang bisa menular kepada siapa saja.

Hal itu berkaitan dengan beberapa kasus terjadinya penularan penyakit hepatitis yang dikarenakan berbagi alat makan, seperti piring, sendok, dan garpu. Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan yang menyarankan agar setiap orang selalu berhati-hati dalam berbelanja makanan di luar rumah. Bahkan, tips sehat yang sederhana menganjurkan setiap orang untuk membawa bekal dari rumah karena sudah dapat dijamin kesehatan serta kebersihannya.

Kendati demikian, Anda pun tidak harus langsung makan menggunakan secara langsung. Anda juga harus rutin mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas makan ataupun minum. Sebab, tangan bisa dihinggapi bakteri kapan saja dan di mana saja. (Red)

Sumber : doktersehat.com