Beranda Kesehatan Kata Siapa Duduk Terlalu Lama Berbahaya? Ini Loh Buktinya!

Kata Siapa Duduk Terlalu Lama Berbahaya? Ini Loh Buktinya!

72
0
Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Banyak studi menyimpulkan, orang hobinya duduk berisiko menderita berbagai macam penyakit serius seperti kegemukan, penyakit jantung, diabetes, dan lain lain.

Dilansir rakyatku.com, ada studi teranyar yang memberikan solusi bagi mereka yang suka duduk lama tanpa harus mengkhawatirkan dampak buruk dari kebiasaannya itu.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam BMC Medicine, beberapa aktivitas fisik penguatan otot dapat mencegah seseorang mengalami masalah kesehatan akibat dari kebiasaan duduk lama.

Studi yang dipimpin oleh Carlod Celis-Morales dari Universitas Glasgow, melakukan analisis data dari 400.000 orang usia pertengahan yang menetap di Inggris.

Mereka diminta melaporkan seluruh aktivitas fisik yang dilakukan dan seberapa lama mereka berdiam diri di depan televisi atau layar komputer.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih obyektif, para peneliti melakukan tes kekuatan otot untuk membuktikan aktivitas fisik yang telah dilakukan.

Hasilnya, mereka yang otot-ototnya lemah memiliki risiko kematian 31 persen lebih tinggi bila dibandingkan dengan mereka yang otot-ototnya kuat. Kedua kelompok ini dinilai setelah diikuti selama lima tahun dan masing-masing menghabiskan waktu selama 2 jam di depan layar.

Orang orang yang ototnya lemah juga memiliki risiko penyakit jantung 21 persen lebih tinggi dan risiko penyakit kanker 14 persen lebih tinggi, bila dibandingkan dengan orang-orang yang ototnya kuat.

Kesimpulannya, setiap 2 jam di depan layar, risiko kematian dan risiko menderita penyakit berat akan meningkat pada mereka yang memiliki otot-otot lemah.

Kekuatan otot sebenarnya bisa dibentuk dengan segala macam olahraga yang membuat otot bergerak. Jadi, seseorang tak harus pergi ke gym atau tempat fitness untuk sekadar menguatkan otot. Penguatan otot bisa dilakukan dengan cara berlari, jalan cepat, berenang, senam, dan lain lain.

Meskipun aktivitas fisik yang membuat tubuh fit dapat mencegah dampak buruk dari kebiasaan duduk lama, tidak boleh melupakan begitu saja hasil studi sebelumnya yang mengatakan duduk berlama lama itu tidak sehat.

Jika memang memungkinkan, maka cobalah mengisi hari hari dengan lebih banyak bergerak agar kesehatan tubuh lebih terjaga. (Red)