Beranda Hukum Pecah Kemacetan, Polda Banten Terjunkan 30 Personel Tim Recet

Pecah Kemacetan, Polda Banten Terjunkan 30 Personel Tim Recet

70
0
Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Direktorat Lalu Lintas Polda Banten telah menyiapkan Tim Pengurai Kemacatan (Recet) bagi kendaraan yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Sumatera. Tim Recet yang terdiri dari 30 personel khusus ini akan bertugas mengurai simpul kemacetan kendaraan sebelum masuk Pelabuhan Merak.

“Di titik-titik kemacetan, Tim Recet ini gunanya mencairkan (kemacetan). Penggunaan komunikasinya menggunakan HT (Handy Talky),” kata Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo kepada awak media, Rabu (30/5/2018).

Tim ini akan ditempatkan khusus di daerah Gerem Atas, Kota Cilegon dengan menggunakan kendaraan roda dua jenis trail. Tim akan turun mengurai begitu terjadi kemacetan. “Tim akan turun untuk membelah kemacetan,” katanya.

Dirlantas menganalogikan lalu lintas di Gerem sebagai leher lalu lintas yang harus terus dibuat lancar supaya tidak ada penumpukan kendaraan.

“Ada yang di flayover, ada yang di Hotel Sony sampai dengan KSKP (Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan) Merak. Itu kita anggap ‘leher’ (lalu lintas) nya. Kita jaga supaya leher jalur itu supaya lancar. Kalau menjalankan mobil antrean dari flayover kalau lehernya macet nanti bahaya, kemacetan akan semakin panjang,” kaat Dirlantas Polda Banten.

Di sisi lain, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk mengatur lalu lintas yang ada di Terminal Terpadu Merak (TTM).

Dari pengalaman tahun lalu, Tim Recet Direktorat Lalu Lintas Polda Banten cukup efektif mengurai kemacetan yang terjadi.

“Pengalaman dua tahun ini, tim ini sangat efektif mengurai kemacetan,” kata Dirlantas. (you/red)