Beranda Pesona Ramadan Begini Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Usai Santap Sahur

Begini Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Usai Santap Sahur

127
0
Ilustrasi - foto istimewa HAI Online

Ketika sahur tubuh akan mendapatkan asupan makanan dan minuman yang nantinya akan diubah menjadi energi dan digunakan untuk melakukan aktivitas di siang hari.

Seringkali, setelah makan sahur rasa kantuk menyerang. Hal ini dikarenakan aliran darah yang dimaksudkan menuju ke otak justru dialihkan untuk membantu jalannya pencernaan makanan. Selain itu, penyebab rasa kantuk yang datang di waktu sahur karena tubuh masih menghasilkan hormon melatonin yang membantu seseorang untuk tidur di malam hari.

Ketika Anda merasa ngantuk usai makan sahur, lantas Anda langsung bergegas untuk tidur kembali. Padahal, seperti yang Anda tahu bahwa tidur setelah makan tidaklah baik untuk kesehatan.

Untuk itu, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa ngantuk usai sahur agar tidak ada keinginan untuk tidur kembali. Berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Makan Secukupnya

Ketika puasa, Anda tidak boleh makan dan minum selama 12 jam atau satu hari penuh, sehingga hal tersebut membuat Anda berpikir bahwa akan lebih baik jika sahur dalam porsi yang cukup banyak agar tidak merasa lapar di siang hari.

Sayangnya, hal itu justru merugikan tubuh Anda, karena saat Anda maka terlalu banyak, perut Anda akan terasa tidak nyaman akibat terlalu kenyang, bahkan membuat mata terasa gantuk. Oleh sebab itu, makanlah secukupnya ketika sahur agar kondisi tubuh Anda tetap fit selama menjalankan puasa.

2. Mengonsumsi Makanan Pedas

Hampir semua orang menyukai makanan pedas karena ada rasa sensasi nikmat yang bisa dirasakan. Makanan pedas dipercaya mampu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, mengonsumsi sedikit makanan pedas saat sahur berguna untuk membuat mata terbebas dari rasa ngantuk saat dan setelah sahur.

Hal ini dikarenakan cabai memiliki khasiat memperlancar sirkulasi darah yang dapat membantu Anda tetat terjaga. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi makanan pedas agar Anda tidak memiliki keinginan untuk tidur kembali usai sahur. Namun, perlu diingat bahwa konsumsilah makanan pedas sewajarnya saja agar perut tidak terasa sakit dan menyebabkan diare.

3. Melakukan Aktivitas

Usai sahur, sebaiknya Anda menyibukkan diri dengan aktivitas yang bisa membuat Anda terhindar dari rasa ngantuk. Anda bisa membersihkan rumah, atau bahkan mengerjakan tugas kantor yang membutuhkan konsentrasi lebih.

Lakukan aktivitas tersebut di sela-sela waktu sahur dan sholat subuh. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa ngatuk dan bisa segera bersiap-siap untuk berangkat ke kantor. (Red)