Beranda Pesona Ramadan Coba 3 Trik Ini Saat Sahur Supaya Bebas Bau Mulut Saat Puasa

Coba 3 Trik Ini Saat Sahur Supaya Bebas Bau Mulut Saat Puasa

69
0
Ilustrasi - foto istimewa populer-world.com

Bukan rahasia umum bahwa berpuasa memicu masalah bau mulut. Tidak adanya aktivitas makan dan minum selama berjam-jam mengakibatkan kondisi rongga mulut menjadi kering.

Inilah yang menyebabkan bakteri berkembang biak sehingga timbul bau mulut.

Aroma tidak sedap tersebut tentu sangat mengganggu, terutama bagi mereka yang pekerjaan sehari-harinya bertemu banyak orang.

Lantas bagaimana solusinya? drg. Devya Linda Sy, Sp.BM FISID., menjelaskan beberapa saran untuk menghindari bau mulut saat puasa, di acara Ayo Hidup Sehat di Tvone. Berikut seperti dikutip dari viva.co.id.

1. Minum air putih kurangi bau mulut saat puasa

Kita disarankan banyak minum air putih selama rentang waktu antara berbuka dan sahur. Ini untuk menghindari dehidrasi dan kondisi mulut kering penyebab bau mulut.

2. Setelah sahur harus sikat gigi dengan benar, untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan mulut. Bisa juga dilengkapi dengan obat kumur, dan dental floss. Jangan lupa menyikat pula bagian lidah.

3. Kurangi makanan berminyak dan berlemak. Jenis makanan ini menempel pada gigi lebih lama, yang menimbulkan bau tidak sedap.

Kadang-kadang sikat gigi dan kumur saja tidak dapat langsung menghilangkan sisa makanan yang menempel. Jadi harus menunggu beberapa jam. (Red)