Beranda Politik Demokrat Banten: Hadirnya Amir Syamsudin Dongkrak Suara Partai

Demokrat Banten: Hadirnya Amir Syamsudin Dongkrak Suara Partai

218
0
Dewan Pembina Partai Demokrat Amir Syamsudin.

SERANG – Partai Demokrat yang menjadi pemenang Pemilu 2009 bersiap bangkit kembali, khususnya di Banten. Kehadiran tokoh nasional sekelas Menteri Hukum dan HAM periode 2009-2014, Amir Syamsudin, diyakini mampu menggerek suara partai pada Pemilu 2019 mendatang.

“Oh jelas secara otomatis ini akan membantu perolehan suara partai. Karena kan beliau rencananya akan mencalonkan diri di Banten II (Serang, Cilegon), mudah-mudahan kehadiran beliau dapat mendongkrak suara Demokrat di Banten, sekarang kan masih tahap evaluasi dan survei oleh DPP,” jelas Ketua DPC Partai Demokrat Cilegon, Rahmatulloh, Minggu (27/5/2018).

Ia mengatakan, saat ini persaingan politik cukup dinamis di Banten, khususnya di Cilegon. Karenanya, dengan kehadirian Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat itu akan memengaruhi peta politik yang ada.

“Selain itu juga dengan kehadiran pak SBY, AHY dan juga bu Iti sebagai ketua ke Cilegon, kami rasa kita bisa bangkit kembali,” lanjutnya.

Diakuinya, Partai Demokrat di Cilegon masih belum maksimal dalam perolehan suara di Pileg sebelumnya. Namun sesuai dengan pernyataan Amir Syamsudin, ia optimis bakal muncul kader-kader baru yang mampu mendulang suara maksimal untuk DPRD kota, DPRD Provinsi dan DPR RI.

“Pernyataan pak Amir sebagai ketua Dewan Kehormatan jelas kami mengamini. saya sebagai Ketua DPC harus optimis, Banten akan melahirkan kader-kader baru untuk membangkitkan Demokrat di Banten,” tegas Rahmatulloh.

Sebelumnya, Amir yang digadang-gadang akan maju dalam bursa Pileg 2019 untuk DPR RI dari Dapil Banten II mengatakan, untuk di Banten ada potensi kebangkitan kembali dari partai besutan SBY tersebut.

“Bahasanya itu rebound atau bangkit lagi. Saya lihat potensinya itu cukup besar,” jelas Amir.

Namun menurutnya, bangkit kembali itu bukan melulu diartikan sebagai pemenang pemilu saja. Indikasi rebound terlihat dari banyaknya kader-kader Partai Demokrat yang masih berusia muda. Para kader tersebut memiliki semangat dan potensi yang besar untuk memberikan sebuah perubahan.

“Saat ini kan di Partai Demokrat didominasi oleh anak-anak muda yang saya yakin memiliki semangat untuk perubahan dan pembaharuan,” lanjutnya.

Dalam hal posisinya sebagai senior, Amir bertekad akan selalu memberi kontribusi ide, gagasan dan support moral kepada para kader muda tersebut. Hal ini juga untuk menutupi pengalaman yang belum dimiliki oleh para kader muda yang ada.

“Saya bersyukur masih diberikan kesempatan untuk memberikan sumbangsih pikiran, namun tetap anak-anak muda ini yang saya harap dapat memegang kendali kedepannya,” tuturnya.

Selain kader muda, potensi terjadinya rebound Demokrat di Banten adalah dengan adanya empat kepala daerah yang berasal dari Partai Demokrat. Sebut saja Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya, Bupati Pandeglang Irna Narulita dan Walikota Tangerang Arief Rachman Wismansyah.

Di Dapil Banten II, Amir merasa lebih optimis karena mendapati kader-kader muda Demokrat yang militan. Di Kota Cilegon, ia menemukan sosok anak muda militan seperti Rahmatulloh selaku Ketua DPC PD Cilegon. Di Kota Serang ia menemukan Amanuddin Toha selaku Ketua DPC PD Kota Serang dan di Kabupaten Serang, ia menemukan Wahyu Megahita selaku Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Serang. (You/Red)