Beranda Pemerintahan Dinkes Tangsel Siapkan 5 posko Kesehatan dan 43 Ambulans Selama Mudik Lebaran

Dinkes Tangsel Siapkan 5 posko Kesehatan dan 43 Ambulans Selama Mudik Lebaran

202
0
Ilustrasi - foto istimewa info mudik gratis

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan menyiapkan ssbanyak lima posko kesehatan dan 43 mobil ambulans selama musim mudik Lebaran tahun ini. Posko ini akan dijaga seorang dokter, dua perawat dan seorang sopir ambulans yang dikelola enam puskesmas terdekat secara bergiliran.

Kepala Seksie Pelayanan Kesehatan Primer (Yankesprim) Dinkes Tangsel, Adhy Purnawan menerangkan, posko kesehatan yang akan dibuka sejak tanggal 8 hingga 23 Juni 2018 ini diselenggarakan untuk mengendalikan penyakit dan faktor risiko kesehatan masyarakat Tangsel.

Menurutnya, risiko kesehatan pada bulan puasa dan Lebaran cukup bervariasi. Namun dari pengalamannya, penyakit lambung, hipertensi dan stroke terjadi tiba-tiba karena kelelahan.

“Kegawatan seperti kecelakaan lalu lintas, juga menjadi prioritas penanganan medis pada posko kami,” ucap dia, Minggu (27/5/2018).

Untuk mendukung itu, pihaknya mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah rumah sakit dan stakeholder terkait untuk pendirian posko kesehatan ini.

“Maka kita pastikan pelayanan penuh kesehatan bagi masyarakat pada libur mudik nanti,” ucap Adhy dikutip dari merdeka.com.

Untuk lima titik posko kesehatan yang akan dibuka, seperti di sekitar Pamulang Square, Perempatan Muncul, WTC Serpong, Indika Bintaro dan Fly Over Ciputat.

Sementara untuk pelayanan kegawatdaruratan, rawat jalan dan rawat inap tingkat pertama serta rujukan, itu mengacu pada Kepmenkes Nomor 1215 Tahun 2001 Tentang Pedoman Kesehatan Matra.

“Saat ini baru 20 puskesmas di 7 kecamatan yang bisa melayani rawat inap, selain kami juga dibantu RS swasta yang ada seperti RS Asshobirin, RS Sari Asih Ciputat, RS IMC Bintaro, RS Medika BSD, RS Omni, Eka Hospital dan RS Premier Bintaro,” terang dia. (Red)