Beranda Bisnis Volume Mudik Lebaran Sebesar di Tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 5,6 Persen

Volume Mudik Lebaran Sebesar di Tol Tangerang-Merak Diprediksi Naik 5,6 Persen

112
0

SERANG- Astra Tol Tangerang-Merak memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada periode arus mudik tahun ini sebesar 5,6 persen dibandingkan pada priode yang sama ditahun 2017. Pihaknya memprediksi akan ada 163.758 kendaraan menggunakan Tol Tangerang-Merak dihari puncak arus mudik, meningkat dari 151.808kendaraan dipuncak mudik tahun lalu, serta mengalami peningkatan sebesar 19,4 persen bila dibandingkan dengan rata-rata lalu lintas harian saat ini yang berada dikisaran 137.171 kendaraan.

“Total arus kendaraan priode H-7 sampai H+7 lebaran adalah sebanyak 2 juta lebih kendaraan dengan puncak arus mudik mulai H-7 dan H-3 lebaran serta arus wisata H+2 sampai dengan H+7. Sedangkan puncak arus balik pada H+7 tepatnya tanggal 22 Juni 2018 dan H+8 yaitu tanggal 24 Juni 2018. Astra Tol Tangerang-Merak telah menyiapkan dua program utama untuk lebaran tahun ini, yaitu lebaran 2018: mudik aman dan berkesan dan Silaturahmi sembari wisata di Banten,” jelas Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti, Krist Ade Sudiyono, saat acara press conference bertema ‘Astra Tol Tangerang-Merak siapkan layanan lebaran 2018 dan dukungan wisata Banten, di kantor MMS Ciujung, Kamis (24/5/2018).

Menurutnya, momen lebaran ini juga dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk liburan bersama keluarga, saling bersilaturahmi sembari mengunjungi destinasi wisata berupa objek wisata religi, budaya dan sejarah, taman hiburan, wisata bahari maupun kuliner.

“Kami memprediksi sebanyak 2 juta lebih kendaraan yang melintasi Tol Tangerang-Merak pada priode arus mudik dan balik, dan diantaranya adalah para wisatawan. Kami siapkan lajur ke-empat dari Bitung sampai dengan Balaraja Barat untuk mudik dan liburan, tentu dengan harapan dapat turut memberikan dukungan terhadap pengembangan pesona wisata Banten, melalui #Lebaran2018:MudikAmanDanNyaman dan #AyokeBanten:SilaturahmiSembariWisataBanten,” lanjut Krist

Pihaknya juga sudah mempersiapkan peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak, baik dari segi layanan transaksi, manajemen lalu lintas, sosialisasi informasi, posko pelayanan siaga juga layanan peningkatan infrastruktur jalan.

“Sebagai langkah antisipatif sebelumnya menghadapi kepadatan lalu lintas, kami telah mengawali pekerjaan penambahan lajur ke-4 Tol Tangerang-Merak, yang sudah rampung mulai dari kilometer 26+039 Bitung hingga kilometer 31+500 Cikupa dan di awal tahun ini juga sudah dilakukan pekerjaan penambahan lajur ke-4 mulai dari Cikupa kilometer 31+900 hingga Balaraja Barat kilometer 39+200, sepanjang 7,3 kilometer ini siap untuk melayani arus mudik pada H-10 lebaran ini,” ujar Krist

Pihaknya menghimbau demi kelancaran dalam transaksi untuk selalu memperhatikan jumlah saldo yang mencukupi dan selalu menggunakan kartu uang elektronik yang sama pada saat bertransaksi digerbang masuk dan keluar jalan Tol Tangerang-Merak.

Kelancaran perjalanan pengguna jalan selalu menjadi proritas, untuk mendukung hal itu Astra Tol Tangerang-Merak juga telah melakukan pemeliharaan dan peningkatan jalan secara priodik dengan melakukan kegiatan pelapisan ulang jalan menggunakan aspal (overlay) sepanjang 18,64 kilometer.

“Saat arus mudik dan balik lebaran, peningkatan kapasitas transaksi dilakukan Astra Tol Tangerang-Merak dengan memaksimalkan operasional 89 gardu reguler yang terdapat pada 10 gerbang Tol terdiri atas 7 gardu reversible dan 5 gardu tandem dengan komposisi Gardu Tol Otomatis (GTO) sebanyak 23 gardu terdiri dari atas 12 gardu entrance, 9 gardu ramp,” papar Krist.

“Untuk kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengguna jalan kami memastikan kondisi umum jalan tol pada H-10 sampai H+10 terbebas dari perambuan dan peralatan kerja perbaikan jalan tol sehingga ruas jalan Tol Tangerang-Merak sepanjang 144 kilometer arah Merak dan arah Jakarta dalam kondisi baik dan aman untuk dilalui,” tambah Krist.

Sebagai upaya peningkatan layanan dan informasi bagi pengguna jalan tol dalam menghadapi arus mudik dan balik serta liburan lebaran 1439 H/2018 M, PT Marga Mandalasakti menggelar kegiatan press conference bertema ‘Astra Tol Tangerang-Merak Siapkan Layanan Lebaran 2018 dan Dukung Wisata Banten’ dikantor Operasional Ciujung, (24/5). Dalam kesempatan ini Astra Tol Tangerang-Merak menghadirkan dinas pariwisata Provinsi Banten sebagai bagian dari wujud dukungan terhadap pesona wisata Banten yang ramai dikunjungi pada momen libur lebaran. Agar koordinasi dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan layanan lebaran semakin kondusif, turut berpartisipasi dalam acara ini Badan Pengatur Jalan Tol Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Provinsi Banten serta kepolisian Daerah Banten. (Dhe/Red)