Beranda Pendidikan 20 Mahasiswa STAN Bintaro Ikut PKL di Dinas Pendidikan Tangsel

20 Mahasiswa STAN Bintaro Ikut PKL di Dinas Pendidikan Tangsel

Sebanyak 20 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel - (Foto Ihya Ulummudin/BantenNews.co.id)

TANGSEL – Sebanyak 20 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Bintaro, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel selama hampir 1 bulan.

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah bekerja sama dengan STAN sejak 2018 lalu dalam rangka untuk memberikan pelatihan kepada para bendahara dan operator sekolah untuk Diklat Teknis tentang keuangan.

“Kalau sebelumnya STAN itu kalau PKL pasti di Kementerian. Nah, baru sekarang ini PKL ke daerah di Tangsel ini karena kebijakan dari kampusnya,” ungkap Taryono di kantornya, Senin (10/2/2020).

Untuk para mahasiswa yang PKL, kata Taryono, akan ditempatkan di 170 sekolah baik SDN maupun SMPN akan di atur selama waktu 2 bulan. Sementara nantinya semua sekolah akan kebagian.

Sementara dosen pembimbing para mahasiswa PKL tersebut, Puji menjelaskan, PKL dimulai pada 10 Februari sampai 3 April 2020.

“Ini semua semester 5. Sedangkan PKL adalah mata kuliah wajib yang harus ditempuh sebelum lulus. PKN STAN merupakan perguruan tinggi vokasi sehingga harus ada PKL sebelum lulus,” terangnya.

Dalam PKL tersebut, lanjut Puji, para mahasiswa didik untuk memahami secara teoritis dalam implementasi di instansi pemerintah.

“Tahapan untuk menjadi akuntan profesional masih panjang. Mereka harus lulus D3, lanjut S1/D4, ikut program profesi akuntan, dan ujian sertifikasi. PKL diharapkan dapat menjembatani pemahaman mahasiswa secara teoretis di dalam implementasi di instansi pemerintah,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini