Beranda Peristiwa 2 Rumah di Kabayan Pandeglang Rusak Akibat Longsor

2 Rumah di Kabayan Pandeglang Rusak Akibat Longsor

Rumah warga mengalami rusak berat akibat pergeseran tanah - foto istimewa

PANDEGLANG – Dua rumah warga yang berada di Kampung Tenjolaya Tengah RT 03 RW 08, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten mengalami rusak parah akibat pergeseran tanah, Minggu (31/12/2023).

Kasi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pandeglang, Rian mengatakan, hujan yang mengguyur Kabupaten Pandeglang membuat debit air tinggi dan melalui bangunan tersebut.

Akibatnya, tanah yang menopang pondasi bangun tergerus hingga menyebabkan pergeseran tanah di lokasi tersebut.

“Pemiliknya atas nama Lomri 50 tahun dan Uung Usia 48 tahun. Masuk kategori rusak berat karena tidak bisa di tempat tinggali lagi,” katanya.

Rian memastikan pergerakan tanah tersebut tidak akan berdampak pada bangunan lain karena berada jauh dari pemukiman warga lainnya. Saat ini, kata dia, tim dari BPBDPK Kabupaten Pandeglang sudah ke lokasi untuk menghitung kerugian material yang ditimbulkan.

“Posisi rumah di bawah jalan dan di bawah gorong gorong air, jadi air dari bahu jalana turun ke bawah, yang mengakibatkan pergeseran tanah. Upaya bpbd monitoring dan pendataan korban,” terangnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ