Beranda Peristiwa 2 Pencuri Kabel PJU Dibekuk Polisi, Kadishub : Kerugian Capai Ratusan Juta

2 Pencuri Kabel PJU Dibekuk Polisi, Kadishub : Kerugian Capai Ratusan Juta

Polres Kota Tangerang atas pengungkapan kasus pencurian kabel optik Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengapresiasi jajaran Polres Kota Tangerang atas pengungkapan kasus pencurian kabel optik Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sangat luar biasa jajaran Polres Kota Tangerang karena sudah mengungkap jaringan kasus pencurian kabel  PJU di wilayah Kabupaten Tangerang,” ungkap Agus dalam keterangannya.

Ia mengatakan, pengungakapan kasus pencurian kabel PJU berawal dari aduan atau informasi dari masyarakat terkait minimnya penerangan jalan. Setelah diselidiki, pada tanggal 15 Juni 2022 pihak kepolisian berhasil mengamankan 2 orang spesialis pencurian kabel optik, dan komponen panel PJU.

“Ada sekitar 131 komponen PJU yang hilang di Kabupaten Tangerang, akan tetapi menurut laporan dari kepolisian 2 orang pelaku ini mengaku mencuri 81 panel. Pelaku melakukan aksinya dengan menyamar menjadi petugas maintanence. Pemkab Tangerang mengalami kerugian sebanyak Rp700 juta,” ujarnya.

Ia juga menerangkan, kabel optik yang hilang dicuri ini memiliki fungsi untuk menyambungkan lampu LED dari tiang PJU satu dengan lainnya. Sehingga, hal itu yang menyebabkan lampu penerangan padam.

“Upaya ke depan, kami akan terus bekerjasama dengan elemen masyarakat dan juga pihak kepolisian setempat untuk terus selalu mengawasi titik mana saja yang dirasa rawan. Mengingat, kasus ini modusnya kami juga sudah mulai mengetahui mulai dari cara mencurinya dan juga waktu pemcuriannya. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada pihak Polres Kota Tangerang,” ujar Agus.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini