Beranda Peristiwa 2 Korban Corona di Pondok Aren Meninggal, Warga Patungan Semprot Disinfektan

2 Korban Corona di Pondok Aren Meninggal, Warga Patungan Semprot Disinfektan

Warga di lingkungan RT01/011, Kelurahan Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren - (Foto Ihya Ulummudin/BantenNews.co.id)

TANGSEL – Tangerang Selatan (Tangsel) merupakan Kota yang paling cepat penyebaran virus Corona (Covid-19), terutama di Kecamatan Pondok Aren, sehingga menjadikan Kota bermoto Cerdas, Modern, Religus (CMORE) itu berada dalam status tanggap darurat.

Data terakhir yang diterima BantenNews.co.id, khusus di Kecamatan Pondok Aren terdapat 110 kasus Covid-19 dengan rincian Orang Dalam Pemantauan (ODP) 61, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 38, Positif 9, dan meninggal 2.

Atas dasar itu, warga di lingkungan RT01/011, Kelurahan Pondok Aren, Kecamatan Pondok Aren, berinisiatif iuran Rp5 juta untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

Pantauan di lapangan, penyemprotan dilakukan dengan memakai alat semprot pinjaman milik warga. Sementara cairan disinfektannya dibeli dari toko kimia.

Ketua RT01/011 Kelurahan Pondok Aren Dayat mengatakan, sedikitnya sudah ada 300 rumah yang telah disemprotkan cairan disinfektan ini. Warga, kata Dayat, patungan membayar penyemprotan. Biaya patungan itu diambil dari uang kas RT yang dibayar warga.

“Kita nyemprot dari jam 8 pagi. Ya, ini yang pertama. Alat penyemprot boleh pinjam dari warga, obat beli dengan uang khas RT, habis Rp5 juta kalau dengan tenaga,” ujar Dayat, Sabtu (28/3/2020).

Seperti diketahui, kedua warga yang meninggal itu berada di Kelurahan Pondok Aren, di Perumahan Taman Mangu, Blok F satu orang dan di RT01/02 satu orang. Untuk mencegah wabah meluas, penyemprotan diilakukan mandiri.

Ditempat sama, Wulan, warga sekitar mengaku senang dengan adanya inisiatif pihak RT ini. Apalagi, Pondok Aren termasuk wilayah rawan, zona merah wabah penyebaran virus Corona.

“Alhamdullilah, akhirnya disemprot juga. Ya, bagus mas. Kalau nunggu puskesmas turun mah lama, gak bakal disemprot-semprot. Apalagi tadi kata Pak RT, warga Kelurahan Pondok Sudah ada yang meninggal,” jelasnya.

“Ya gak masalah jika harus membayar biaya penyemprotan. Kesehatan jauh lebih mahal dari biaya yang dikeluarkan untuk penyemprotan,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini