Beranda Peristiwa 2 Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

2 Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

2 Anak Badak Jawa Lahir Taman Nasional Ujung Kulon - foto istimewa

PANDEGLANG – Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) kini punya penghuni baru. Itu setelah dua anak Badak Jawa (Rhenoceros sondaicus) lahir. Itu diketahui melalui akun sosial media Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan @kementerianlhk.

“Halo #SobatHijau, dua anak Badak Jawa (Rhenoceros sondaicus) kembali terlihat pada kamera video trap di wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK). Ini merupakan temuan kelahiran anak badak jawa yang pertama di tahun 2021,” dikutip, Senin (14/6/2021).

Kelahiran anak badak jawa ini menunjukkan keberhasilan kebijakan full protection terhadap seluruh habitat badak jawa di TNUK. Proses perkembangbiakan satwa endemik Jawa ini berlangsung secara alami.

Anak Badak Jawa pertama dengan jenis kelamin betina mulai terekam video trap pada tanggal 18 Maret 2021 dari induk bernama Ambu. Kelahiran ini merupakan yang kedua bagi induk badak Ambu setelah tercatat sebelumnya melahirkan pada tahun 2017.

Sementara anak Badak Jawa kedua berjenis kelamin jantan diperkirakan sudah berusia 1 tahun mulai terekam pada Maret 2021 bersama induknya bernama Palasari.

Kementerian LHK mencatat, dengan adanya kelahiran anak badak jawa baru di tahun 2020 dan 2021, maka jumlah Badak Jawa di TNUK sampai bulan Mei 2021 sebanyak 73 individu, dengan perbandingan ratio jantan 40 individu dan betina 33 individu.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini