Beranda Pemerintahan 2.522 Warga Telah Ikuti Pelatihan di BLK Kota Tangerang

2.522 Warga Telah Ikuti Pelatihan di BLK Kota Tangerang

Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang kembali menggelar pelatihan kerja - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang terus berupaya meningkatkan penyerapan tenaga kerja berkualitas di Kota Tangerang. Dengan menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK) yang dapat dimaanfaatkan secara gratis oleh warga Kota Tangerang. Terdapat empat lokasi BLK yakni, BLK Benda, BLK Cibodas, BLK Larangan, serta BLK Cipondoh. Dimana terdapat delapan kelas yang diberikan pelatihan langsung oleh mentor-mentor yang kompeten dibidangnya.

“Program ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kota Tangerang yang berusia produktif untuk meningkatan keterampilan. Terdapat delapan kelas yakni operator computer, desain grafis, menjahit, tata boga, service motor, service mobil, teknik listrik, perhotelan, dan teknik pendingin. Sedangkan teknik las sejak 2022 sudah tidak dibuka kembali. Mereka akan mendapatan materi pelatihan serta praktik selama satu bulan setengah,” ungkap Ujang Hendra, Kepala Disnaker Kota Tangerang, Senin (25/9/2023).

Ia juga mengungkapkan tercatat sejak 2016, sudah ada 131 angkatan dengan jumlah 2.522 peserta telah mengikuti pelatihan di BLK Kota Tangerang. Ini menunjukan pelatihan di BLK sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam mengasah keterampilan mereka guna mampu berdaya saing dalam dunia kerja saat ini.

Dimana nantinya selain mendapatkan sertifikasi dari BLK Kota Tangerang, mereka juga akan mendapatkan sertifikasi dari Badan Nasional Sertifiksi Profesi (BNSP). “Sehingga kemampuan keahlian yang mereka tekuni selama di BLK benar-benar diakui secara standarnya melalui sertifikat itu, dan inilah yang dapat dijual ke perusahaan untuk proses melamar kerja,” kata Ujang.

Adapun bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ini dapat mendaftar melalui aplikasi Tangerang Live fitur Tangerang Cakap Kerja. Tentunya program ini disediakan hanya khusus untuk warga yang sudah memiliki e-KTP Kota Tangerang dan kuotanya terbatas. Informasi lebih lanjut terkait lokasi BLK dan update-update terkait pembukaan pendaftaran dan lainnya, bisa diakses melalui Instagram @blk_kotatangerang.

“Diharapkan lewat BLK Kota Tangerang dapat menekan angka pengangguran serta mencetak SDM yang produktif dan kreatif. Jadi ayo ikuti pelatihan gratis BLK Kota Tangerang. Manfaatkan kemudahan yang diberikan untuk maju dan aktif meningkatkan keterampilan dan dapat terjun ke dunia kerja,” tutur Ujang. (Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini