Beranda Nasional 188 Ribu Pemudik Pulang Kampung Melalui  Bandara Soetta

188 Ribu Pemudik Pulang Kampung Melalui  Bandara Soetta

Tangerang. Banten. (Suara.com)

TANGERANG – Dalam akhir pekan Sabtu (6/4/2024), pergerakan arus Mudik Lebaran 2024 yang menggunakan jasa transportasi udara melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten diprediksi mencapai 188.795 penumpang.

Hal ini disampaikan Agus Wialdi, Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero), sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara.

“Sementara pada puncak arus mudik diperkirakan 6 April atau H-4, dengan jumlah penumpang di 20 bandara diperkirakan mencapai 317.835 penumpang,” paparnya.

Pihak Angkasa Pura II sendiri telah menyiapkan rencana operasi untuk memastikan kelancaran pelayanan dan operasional bandara di tengah tingginya lalu-lintas penerbangan angkutan lebaran  2024.

Dengan fokus kepada lalu-lintas penerbangan termasuk puncak arus mudik, area check-in counter, boarding lounge, sampai pengaturan flow penumpang pesawat dan pengaturan slot time irregular di waktu sibuk.

“Pengaturan penggunaan check-in counter dan pengaturan boarding lounge akan direncanakan dengan baik, termasuk menyediakan holding bay bagi penumpang pesawat jika diperlukan,” jelas Agus Wialdi.

Lantas titik penting lainnya saat kedatangan penumpang antara lain layanan bagasi di baggage claim area dan ketersediaan moda transportasi darat.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak ground handling terkait penanganan bagasi penumpang pesawat. Kami harapkan dengan kolaborasi yang erat di antara seluruh stakeholder, penanganan bagasi oleh ground handling dapat memenuhi standar mulai dari bagasi diturunkan dari pesawat sampai masuk ke conveyor belt untuk kemudian di ambil penumpang,” lanjut Agus Wialdi.

Angkasa Pura II juga akan berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan untuk merencanakan alokasi parkir pesawat untuk kemudahan pelayanan kepada para penumpang.

“Kami ingin menghadirkan Ramadhan Experience di seluruh bandara AP II melalui berbagai program aktivasi bagi penumpang pesawat. Interior di terminal penumpang juga didesain bernuansa Ramadhan untuk menyambut para penumpang pesawat,” tambah Cin Asmoro, VP of Corporate Communication Angkasa Pura II tentang bandara-bandara yang berada di bawah pengelolaan pihaknya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini