Beranda Kesehatan Pasien DBD Melonjak Ruang Perawatan RSUD Kota Serang Penuh

Pasien DBD Melonjak Ruang Perawatan RSUD Kota Serang Penuh

RSUD Kota Serang. (IST)

SERANG – Puluhan warga Kota Serang, Banten, terserang demam berdarah dengue (DBD) dalam beberapa bulan terakhir. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Serang bahkan kewalahan menangani lonjakan pasien DBD ini.

Hingga saat ini, tercatat 69 pasien DBD yang dirawat di RSUD Kota Serang. Jumlah ini meningkat tajam dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pada bulan Desember 2023 hanya ada 24 kasus DBD. Kemudian meningkat menjadi 43 kasus di bulan Januari 2024, dan sekarang sudah mencapai 69 kasus,” ungkap Leni Suryani, Kabid Pelayanan RSUD Kota Serang, Jumat (23/2/2024).

Lonjakan kasus DBD ini diduga akibat faktor cuaca dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Masyarakat harus mulai menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di seluruh wilayah Kota Serang,” kata Leni.

Pihak RSUD Kota Serang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi pasien DBD. Namun, dengan keterbatasan ruang dan tenaga medis, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan DBD secara mandiri.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat menerapkan pola 3M Plus agar terhindar dari kasus DBD. 3 M itu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air, serta plusnya seperti membersihkan lingkungan secara rutin. “Gunakan kelambu saat tidur, memakai pakaian yang menutupi tubuh saat beraktivitas di luar ruangan, menggunakan obat anti nyamuk,” ujarnya.(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ