Beranda Pemerintahan 150 Ribu Warga Kabupaten Serang Terima Bantuan Beras Dari Bulog

150 Ribu Warga Kabupaten Serang Terima Bantuan Beras Dari Bulog

Pendistrubusian Bantuan Beras di Perum Bulog Kantor Cabang Serang, Kamis (22/7/2021).

KAB. SERANG – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) bersama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) akan menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat Kabupaten Serang. Bantuan itu nantinya akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan kriteria Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan tersebut yakni mereka yang sudah terdata sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos.

Adapun sasarannya yaitu 159.552 penerima yang terdiri dari 116.000 alokasi BST dan 43.552 alokasi PKH.

“Untuk setiap per KK menerima 10 kilogram beras kualitas medium. Hari ini secara simbolis diserahkan langsung ke KPM di Desa Margatani, Kecamatan Kramatwatu,” ujar Nanang, Kamis (22/7/2021).

Nanang menambahkan, bantuan beras yang disalurkan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah situasi pandemi.

“Mudah-mudahan bantuan ini pararel. Untuk pencegahan penyebaran (Covid-19) dilaksanakan PPKM Darurat, penanganan perawatan penyakitnya dan bantuan dari Kemensos. Sehingga dampak di masyarakat lebih terjaga tidak menimbulkan hal-hal bersifat kerawanan sosial, karena beberapa tempat sudah mulai ada gerakan-gerakan menolak PPKM alasannya perut masyarakat yang terdampak. Memang ini sudah di pikirkan pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota,” kata Nanang.

Bantuan beras tersebut akan disalurkan secara bertahap dan tidak hanya penyaluran bantuan beras, namun Dinsos Kabupaten Serang juga tengah mempersiapkan untuk penyaluran BST. Penyaluran BST nantinya akan disalurkan langsung kepada KPM sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

“Penyalurannya bertahap karena sangat banyak jadi yang dekat agar mudah dulu, untuk bantuan uang atau BST juga ada sedang di-schedule-kan (dijadwalkan) karena langsung ke KPM tidak di desa untuk menghindari kerumunan,” tandas Nanang.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Serang, Budi Indrawan mengatakan pihak Bulog hanya sebagai penyedia barang.

“Akan tetapi untuk penyalurannya kami bekerja sama dengan PT. Pos Indonesia secara teknisnya,” kata Budi.

Budi juga memastikan untuk stok beras yang akan disalurkan sebanyak 2.100 ton beras. “Stok aman. Untuk kegiatan ini sekitar 2.100 ton untuk Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon,” ungkap Budi.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini