Beranda Bisnis 15 Ribu Bibit Porang Asal Lebak Dikirim ke Sumatera

15 Ribu Bibit Porang Asal Lebak Dikirim ke Sumatera

Petugas Karantina Pertanian Cilegon memeriksa bibit Porang asal Lebak - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon memeriksa sebanyak 15 ribu bibit porang asal Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Bibit porang tujuan Sungai Liat Kabupaten Bangka dilaporkan kepada Pemeriksa Karantina Tumbuhan sebelum menyeberangi Selat Sunda melalui Pelabuhan Merak.

Pelayanan karantina khususnya bibit porang dari Banten telah memenuhi persyaratan perkarantinaan dan sebagai bibit. Kemudiaan bibit porang diterbitkan Sertifikat Kesehatan Tumbuhan Antar Area (KT-9).

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengatakan, perluasan budidaya porang merupakan wujud program pemerintah terhadap ketersediaan pangan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Dimana porang memiliki banyak keunggulan diantaranya porang dapat tumbuh dan beradaptasi pada semua jenis tanah dan ketinggian antara 0 sampai 700 mdpl. Tanaman ini juga relatif bisa bertahan di tanah kering. Perawatannya pun tak sulit, umbinya dapat dipanen dengan mudah.

“Porang bisa ditanam dengan tumpang sari karena bisa toleran dengan dengan naungan hingga 60 persen. Sehingga sangat cocok dengan sistem wanatani atau memanfaatkan lahan kosong pada kebun hutan,” ujar Arum melalui siaran tertulis.

Umbi porang dapat diolah menjadi tepung untuk bahan baku industri digunakan untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan.

“Kandungan berupa glukomanan yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar obat dan kosmetika di luar negeri membuat porang sangat laku dipasar luar negeri,” pungkas Arum.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini