Beranda Kesehatan Rumah Sakit di Kota Serang Bisa Tangani Penyakit Batu Ginjal Tanpa Bedah

Rumah Sakit di Kota Serang Bisa Tangani Penyakit Batu Ginjal Tanpa Bedah

Walikota Serang Syafrudin meninjau alat kesehatan di RSUD Kota Serang. (IST)

SERANG-Kabar gembira untuk masyarakat Kota Serang yang punya penyakit batu ginjal. Kali ini, perdana di Kota Serang sudah ada layananan pemecahan batu ginjal tanpa operasi, atau dikenal dengan Extra corporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). Jadi yang mengidap sakit batu ginjal tak perlu berobat lagi ke rumah sakit di luar Kota Serang.
Hal itu disampaikan Walikota Serang usai meresmikan layanan untuk tindakan pemecahan batu ginjal (ESWL)  di Auditorium Rumah Sakit Sari Asih Kota Serang, Selasa (1/11/2022).

Peresmian layanan tindakan pemecahan batu ginjal (ESWL) sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Kota Serang terkait batu ginjal yang cukup sering dijumpai.
Walikota Serang Syafrudin menyampaikan bahwa pelayanan tindakan pemecahan batu ginjal (ESWL) di Kota Serang bermanfaat bagi masyarakat Kota Serang dan sekitarnya, karena banyak masyarakat yang ingin menyembuhkan penyakit batu ginjal tanpa dilakukan operasi.

“Jadi yang memang selama ini masyarakat Kota Serang yang terkena batu ginjal yang tidak ingin dioperasi larinya ke Tangerang raya atau ke Jakarta, alhamdulillah sekarang ini di Sari Asih Kota Serang sudah bisa melakukan ESWL,” ujarnya.

Penyelenggaraan Pelayanan Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) atau pelayanan tindakan pemecahan batu ginjal ini merupakan pelayanan perdana di Kota Serang yang diawali oleh Rumah Sakit Sari Asih Serang.

“Ini merupakan perdana di Kota Serang dan ini harus saya kemukakan kepada masyarakat Kota Serang. Bagi masyarakat yan punya BPJS selama BPJS memenuhi syarat dan tidak bertentangan dengan aturan itu bisa gratis,” ujarnya.

“Apabila tidak memiliki BPJS sampai Desember ini biayanya yang semestinya 12 juta karena ini merupakan perdana jadi 8 juta rupiah,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Serang kedepan akan meningkatkan pelayanan kesehatan serupa untuk RSUD Kota Serang, sehingga beberapa Rumah Sakit di Kota Serang dapat melakukan pelayanan tindakan ESWL di Rumah Sakit yang terdapat di Kota Serang.

Direktur RS Sari Asih Serang dr. Yahmin Setiawan juga menyampaikan bahwa ESWL itu merupakan bentuk tindakan non bedah dalam mengobati penyakit batu ginjal. Atau ureter menggunakan gelombang kejut berenergi tinggi yang akan memecah batu menjadi ukuran lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan melalui urine.
“Tindakannya lebih cepat kurang lebih selama satu jam, penyembuhannya lebih cepat karena tidak ada tindakan dibedah dan tidak perlu dilakukan rawat inap,” jelasnya.

Yahmin menambahkan dalam proses pembiayaan tersebut Sari Asih akan terus mengupayakan agar pelayanan tindakan penghancuran batu ginjal (ESWL) tersebut dapat berlaku dalam sekema BPJS.

“Untuk pembiayaan kami mengupayakan tetap bisa masuk kedalam skema BPJS kesehatan sehingga masyarakat bisa gratis sesuai dengan mekanisme rujukannya, kemudian terbuka untuk masyarakat umum dan asuransi,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini