Beranda Peristiwa 14 Rumah dan 3 Sekolah Rusak Akibat Gempa di Bayah

14 Rumah dan 3 Sekolah Rusak Akibat Gempa di Bayah

Tangkap layar gempa Bayah. (IST)

LEBAK – Empat belas rumah dan tiga sekolah rusak akibat gempa bumi dengan Magnitudo 5,9 yang mengguncang Bayah, Kabupaten Lebak pada Rabu (3/1/2024) sekira pukul 07.53 WIB lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama menjelaskan tujuh rumah rusak ringan  di Desa Banjaririgasi Kecamatan, Lebakgedong, satu rumah di Desa Kandangsapi, Kecamatan Cijaku, 3 rumah di Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, 1 rumah di Desa Karangnunggal, Kecamatan Cirinten, 1 rumah Desa Mekarsari, Kecamatan Cibeber, dan 1 rumah rusak sedang di Desa Cisuren, Kecamatan Bayah.

“Sarana lain yang rusak yakni SDN 1 Bendungan di Kecamatan Banjarsari terdampak retakan, SDN 3 Hariang, Kecamatan Sobang dan SDN 2 Cihujan di Kecamatan Cijaku rusak atau retak pada bagian dinding sekolah,” kata Febby saat ditemui di kantor BPBD Lebak, Jumat (5/1/2024).

Ia mengungkapkan, saat ini pihaknya masih fokus melakukan pendataan.

“Dari hasil pendataan selanjutnya bakal kita laporkan ke pimpinan. Nah nanti tindakan seperti apa kita juga belum tahu. Yang jelas kita saat ini masih fokus pendataan dan memberikan bantuan,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak, Budi Santoso menjelaskan saat ini pemerintah daerah juga tengah melakukan penanggulangan terhadap masyarakat yang terdampak bencana gempa.

“Langkah pertama penanggulangan baik itu keselamatan maupun bantuan kedaruratan. Ini yang kita fokuskan terlebih dahulu,” kata Budi.

(San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini