Beranda Peristiwa 13 Tokoh Masyarakat Tewas Ditembak Belanda, Warga Desa Suakan Lebak Gelar Upacara...

13 Tokoh Masyarakat Tewas Ditembak Belanda, Warga Desa Suakan Lebak Gelar Upacara Hari Pahlawan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Desa Suakan Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Jumat (11/11/2022) - Foto istimewa

LEBAK – Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi menjadi Inspektur pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Desa Suakan Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Jumat (11/11/2022).

Hadir mengikuti upacara, Unsur Forkopimcam Bayah, Para Kepala Desa, Ratusan ASN, para Siswa, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam amanatnya Wabup mengatakan alasan dirinya mengikuti Upacara Hari Pahlawan di Desa Suakan, sebagai bentuk penghormatan kepada 13 tokoh masyarakat yang tewas ditembak mati oleh tentara Belanda pada tahun 1948 saat Agresi Militer II, karena menghalangi penjajah untuk menguasai kembali republik ini khususnya daerah Lebak Selatan.

“Hari ini perlu di ingat bahwa di desa ini 13 orang pahlawan kita pejuang kita telah gugur melawan belanda untuk mempertahankan Republik ini dari para penjajah,” ungkap Wabup dalam keterangannya.

Wabup juga mengatakan kepada seluruh peserta dan masyarakat yang hadir untuk senantiasa bersyukur dan mengingat atas jasa-jasa para pahlawan kita yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa indonesia.

“Kita disini bukan pahlawan, kita disini tidak pernah ikut berjuang, akan tetapi kita berkumpul disini adalah bersyukur kepada Allah SWT, dan berterima kasih kepada para pahlawan kita karena kita semua disini adalah penikmat perjuangan, untuk itu kita selaku anak bangsa diberi tugas melanjutkan apa yang menjadi cita-cita para pahlawan kita,” ujar Wabup.

Usai melaksanakan upacara, Wabup Lebak beserta jajarannya melangsungkan ziarah kubur ke makan pahlawan di Desa Suakan Kecamatan Bayah.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini