Beranda Pemerintahan 129 PPS Pilkada Cilegon Dilantik, 70 Persen Diisi Wajah Lama

129 PPS Pilkada Cilegon Dilantik, 70 Persen Diisi Wajah Lama

Prosesi pelantikan 129 anggota PPS Pilkada 2024 Kota Cilegon. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Sebanyak 129 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2024 Kota Cilegon resmi dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon. Pelantikan digelar di hotel The Royale Krakatau, Minggu (26/5/2024).

Ratusan anggota PPS itu didapat dari hasil seleksi yang dilakukan oleh KPU mulai dari pembukaan pendaftaran sampai tahap akhir wawancara yang diikuti oleh ratusan pendaftar dari 43 kelurahan di Kota Cilegon.

“Dari proses awal yang daftar ke KPU terkait PPS tingkat kelurahan yaitu 448 orang. Selanjutnya yang lulus administrasi ada 366 orang, yang lulus kemampuan akademik itu 289 orang dan hasil dari wawancara itu ada 129 orang,” kata Ketua KPU Kota Cilegon, Patchurrohman.

Patchurrohman menyampaikan, setiap tahapan seleksi dari perekrutan PPS mulai dari verifikasi administrasi hingga tahapan wawancara memiliki nilainya masing-masing.

“Tiap tahapannya itu masing-masing, tidak ada penggabungan nilai. Jadi misalnya pas CAT tinggi nilainya tapi pas wawancara kurang ya gak lolos,” ujarnya.

Dari 129 anggota PPS yang telah resmi dilantik oleh KPU Kota Cilegon itu, kata Patchurrohman hampir 70 persen didominasi oleh anggota PPS yang lama dan berpengalaman.

Tingginya tingkat keterisian wajah-wajah lama di PPS untuk Pilkada 2024 Kota Cilegon itu semata-mata KPU ingin memiliki petugas yang memiliki jam terbang tinggi terkait proses kepemiluan.

“Ada yang lama, ada yang baru. Persentasenya 60-70 persen yang lama, 30 persen yang baru. Kita butuh regenerasi, tapi kita juga butuh yang lama karena punya pengalaman,” tutup Patchurrohman. (STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News