Beranda Nasional 120 Ribu Jemaah Haji Indonesia akan Dapat Kemudahan Layanan Fast Track

120 Ribu Jemaah Haji Indonesia akan Dapat Kemudahan Layanan Fast Track

Ilustrasi - foto istimewa Payuung

BANTEN – Berbagai kemudahan bakal didapat Jemaah Haji asal Indonesia yang akan menunaikan ibadah penyempurna Rukun Islam di Arab Saudi. Salah satunya kemudahan layanan fast track di Bandara kedatangan jemaah Haji.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq bin Fawzan Al-Rabiah mengemukakan layanan fast track tersebut menjadi salah satu pembahasan saat bertemu dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Pertemuan juga membahas tentang project Fast Track atau road to Mekkah, yang mana kita dapat mengatakan, bahwasannya kurang lebih akan ada 120 ribu jemaah haji yang akan menggunakan fasilitas ini,” ujarnya.

Tawfiq melanjutkan bahwa jumlah jemaah haji asal Indonesia tersebut menjadi yang paling banyak mendapatkan fasilitas tersebut dibandingkan jemaah dari negara lainnya.

“Dan ini merupakan jumlah yang paling besar dari semua negara yang menggunakan fasilitas fast track, dibanding negara-negara yang lainnya,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan sekira 171 ribu visa untuk Jemaah Indonesia yang akan berhaji pada tahun ini.

Dia berjanji untuk sisa visa jemaah haji yang belum diperoleh akan terbit dalam sepekan mendatang.

“Kami telah menyelesaikan 171.000 visa jemaah haji, kira-kira 70 persen dari seluruh jumlah Jemaah Haji Indonesia dan mudah-mudahan sisa dari jumlah itu akan selesai dalam satu pekan ke depan,” ujarnya usai bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Selasa (30/4/2024).

Untuk diketahui pada tahun ini Jemaah Haji Indonesia yang akan berangkat berhaji ke Arab Saudi menjadi yang terbesar, yakni sejumlah 241 ribu jemaah.

Selain itu, ia mengemukakan pertemuannya dengan Ma’ruf Amin terkait dalam pembahasan mengenai penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Ia melaporkan bahwa Pemerintah Arab Saudi juga telah melakukan persiapan sejak dini.

“Kami membahas tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji pada tahun ini, di mana persiapan untuk ibadah pada tahun ini kami telah lakukan secara dini, dan persiapan yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News