Beranda Hukum 120 Napi di Rutan Rangkasbitung Dapat Remisi Lebaran

120 Napi di Rutan Rangkasbitung Dapat Remisi Lebaran

Kegiatan press conference dan buka puasa bersama media se Kabupaten Lebak, di Rahaya Resto, Rangkasbitung, pada Jum'at (31/5/2018).

LEBAK – Menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Rangkasbitung memberikan remisi kepada 120 warga binaan Narapidana. Remisi diberikan kepada para warga binaan yang telah memenuhi persyaratan sesuai yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan.

“Rutan Rangkasbitung memiliki 130 warga binaan berstatus narapidana, dan pada tahun ini kami memberikan remisi kepada 120 warga binaan yang telah memenuhi persyaratan,” terang Karutan Rangkasbitung Aliandra Hararap disela kegiatan press conference dan buka puasa bersama media se Kabupaten Lebak, di Rahaya Resto, Rangkasbitung, pada Jum’at (31/5/2018).

Karutan mengatakan, sesuai yang tertera di dalam undang-undang setiap warga binaan bisa memperoleh remisi setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri. Remisi didapatkan dengan syarat, warga binaan wajib berperilaku baik dengan mematuhi setiap peraturan dalam menjalani masa kurungannya.

Lebih lanjut, Karutan merinci Rutan Rangkasbitung dihuni oleh 210 warga binaan yang terdiri dari 130 Narapidana, dan 80 Tahanan. Ditahun ini, Rutan Rangkasbitung memberikan remisi kepada 120 warga binaan dengan pengurangan masa kurungan sebanyak 1 Bulan 15 hari. Selain itu, terdapat 2 warga binaan yang langsung dipulangkan.

“Dua warga binaan kami pulangkan karena dengan mendapatkan remisi masa kurungannya telah habis,” ujarnya.

Adapun kegiatan selanjutnya, kata Karutan, di hari raya nanti Rutan Rangkasbitung akan membuka layanan kunjungan, dan pagelaran pentas seni hingga makan ketupat bersama seluruh warga binaan Rutan Rangkasbitung.

“Pentas seni kita gelar untuk menghibur para warga binaan dan keluarga yang datang menjenguk. Selain itu, pentas seni juga diperuntukkan untuk menghibur warga binaan yang tidak dijenguk oleh keluarganya di hari raya nanti. Pokoknya kami ingin menambah hasanah kekeluargaan serta berbagi kebahagiaan di hari raya idul Fitri 1440 Hijriyah,” pungkasnya. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini