Beranda Kesehatan 12 Pasien di Cilegon dalam Pengawasan Dugaan Covid-19

12 Pasien di Cilegon dalam Pengawasan Dugaan Covid-19

Istimewa.

CILEGON – Peta sebaran Virus Corona atau Covid-19 hampir tersebar di seluruh Kecamatan di Kota Cilegon. Berdasarkan data rekap dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon per tanggal 20 Maret 2020 Jam 06.00 WIB diketahui bahwa ada 12 Orang Dalam Pengawasan (ODP). Sedangkan 8 orang lainnya masih dalam observasi. Sementara orang yang positif masih nihil.

Namun ternyata Pemkot Cilegon masih kesulitan untuk mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD) dan fasilitas isolasi.

Kepala Dinkes Cilegon, Arriadna mengaku pihaknya kekurangan APD hingga fasilitas di ruang isolasi di RSUD Cilegon. Ruang isolasi di RSUD sebenarnya sudah ada, namun beberapa alat harus tersedia untuk menghadapi virus Corona.

“Alat hepa filter yang harus dipasang di ruang isolasi itu yang belum kita punya, harus beli, kemudian alat ventilator, kan ruangannya belum memenuhi syarat jadi harus disiapin semuanya, harus beli,” kata Arriadna, Sabtu (21/3/2020).

Alat-alat yang mesti dipenuhi di ruang isolasi tersebut masih dalam proses pengadaan. Proses itu dikatakan bakal memakan waktu cukup lama.

“Lagi dalam perencanaan mau membeli, sekarang lagi proses pengadaan, kan nggak bisa kayak beli cengek kan,” ucapnya.

Kata Arriadna, Dinkes Cilegon meminta bantuan ke pemerintah Provinsi Banten agar fasilitas ruang isolasi di RSUD Cilegon layak untuk merawat pasien Covid-19.

Selain itu, Dinkes menyatakan APD masih kurang untuk tenaga kesehatan dan pegawai rumah sakit. Beberapa item sudah diberikan Pemprov namun tetap masih kurang.

“APD kurang memang, kita sudah dikasih sama provinsi dan itu bukan hanya untuk rumah sakit umum, tapi dikasih ke dinas dan kita juga yang membagi,” kata dia.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini