Beranda Kesehatan 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Tanah Air

1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Tanah Air

Sebuah pesawat maskapai KLM mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang membawa 11.136 karton yang berisi 1,1 juta dosis vaksin siap pakai AstraZeneca - foto istimewa

SERANG – Sebuah pesawat maskapai KLM mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang membawa 11.136 karton yang berisi 1,1 juta dosis vaksin siap pakai AstraZeneca.

“Kedatangan vaksin-vaksin yang dibuat perusahaan farmasi Inggris bekerjasama dengan Oxford University ini adalah pengiriman awal vaksin yang kita peroleh melalui skema kerja sama multilateral, dan tahap keenam pengiriman vaksin pemerintah Indonesia. Melalui skema ini, secara keseluruhan di tahap pertama, Indonesia akan memperoleh 11,7 juta dosis vaksin,” kata Presiden, Joko Widodo melalui media sosial resminya, Selasa (9/3/2021).

Dalam skema multilateral ini pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI), WHO, UNICEF, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), dan berbagai pihak lain lewat inisiatif Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility. Inisiatif global ini bertujuan untuk mengupayakan kesetaraan akses terhadap vaksin-vaksin Covid-19 untuk seluruh negara.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia telah mendatangkan 38 juta dosis vaksin dari perusahaan Sinovac. Seluruh vaksin ini akan digunakan untuk mendukung program vaksinasi massal secara gratis bagi 181,5 juta warga masyarakat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ