Beranda Uncategorized 10,86 Juta Jiwa Penduduk Indonesia Mengalami Kemiskinan Ekstrem

10,86 Juta Jiwa Penduduk Indonesia Mengalami Kemiskinan Ekstrem

Ilustrasi - foto istimewa VOA-ISLAM.COM

SERANG – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin pihaknya menekankan upaya pemerintah untuk mencapai target menghilangkan kemiskinan ekstrem pada akhir tahun 2024.

Kemiskinan ekstrem yang dimaksud mengacu pada definisi Bank Dunia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yaitu 1,9 US dolar PPP (purchasing power parity) perhari.

Menurut data Badan Pusat Statistik, tingkat kemiskinan ekstrem Indonesia adalah 4% atau sekitar 10,86 juta jiwa. Sementara tingkat kemiskinan secara umum berdasarkan data Maret 2021 adalah 10,14% atau 27,54 juta jiwa.

“Terkait pengurangan kemiskinan ekstrem, saat ini pemerintah melalui berbagai Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah sesungguhnya telah melaksanakan banyak program yang terbagi dalam dua kelompok utama,”

“Yaitu kelompok program menurunkan beban pengeluaran rumah tangga miskin, dan kelompok program meningkatkan produktivitas masyarakat miskin,” ujarnya saat memimpin rapat pleno percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melalui konfrensi video yang dikutip dari media sosial resminya, Minggu (29/8/2021).

 

Untuk Tahun Anggaran 2021, lanjutnya, anggaran program dan kegiatan untuk pengurangan beban pengeluaran melalui bantuan sosial dan subsidi berjumlah Rp 272,12 triliun.

Sementara anggaran program dan kegiatan untuk pemberdayaan dan peningkatan produktivitas berjumlah Rp 168,57 triliun. Total alokasi anggaran keseluruhan adalah Rp 440,69 triliun.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini