Beranda Kesehatan Hari Lansia Nasional 2021, Dinkes Kabupaten Serang Gelar Gebyar Vaksinasi Lansia

Hari Lansia Nasional 2021, Dinkes Kabupaten Serang Gelar Gebyar Vaksinasi Lansia

Proses Skrining Sebelum Melakukan Vaksinasi di Aula Tb Suwandi, Jumat (21/5/2021). (Foto: Nindia/Bantennews.co.id)
Proses Skrining Sebelum Melakukan Vaksinasi di Aula Tb Suwandi, Jumat (21/5/2021). (Foto: Nindia/Bantennews.co.id)

KAB. SERANG – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) nasional tahun 2021 yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang menggelar Gebyar Vaksinasi untuk para lansia di Aula Tb Suwandi, Jumat (21/5/2021).

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan vaksinasi yang dilakukan pada lansia merupakan program percepatan vaksinasi dikarenakan lansia merupakan kelompok yang rentan.

“Percepatan vaksinasi bagi lansia yang usianya di atas 60 tahun merupakan salah satu upaya kepada kelompok masyarakat yang sangat rentan terhadap paparan Covid-19,” ujarnya, Jumat (21/5/2021).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang, sasaran vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Serang yaitu sekitar 100 ribu lansia. Namun dalam pelaksanaannya, lansia yang sudah divaksin baru mencapai sekitar 900 lansia.

“Kurang lebih sekitar 900. Mudah-mudahan dengan percepatan vaksin bagi lansia yang diselenggarakan mulai tanggal 21 sampai tanggal 29 Mei, jumlah sasaran untuk lansia dapat segera dilaksanakan,” katanya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi untuk lansia, pihak Dinkes Kabupaten Serang mendatangkan dokter Spesialis Penyakit Dalam sebagai konsultan pada saat skrining.

“Untuk vaksinasi lansia ini kan para sepuh yang usianya di atas 60 dan memang punya risiko penyakit-penyakit tertentu. Kami menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam sebagai konsultan pada saat skrining. Diharapkan dengan kehadiran dokter spesialis bisa memberikan konsul kepada dokter-dokter skrining kami dan kepada pasien yang berusia lansia yang mempunyai penyakit-penyakit tertentu sehingga saat divaksinasi aman,” jelasnya.

Terkait lansia yang masih khawatir terhadap vaksinasi Covid-19, Dinkes Kabupaten Serang bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan sosialisasi kepada para lansia.

“Dari informasi yang kita peroleh dari Puskesmas ada yang sampai saat ini belum menerima sepenuhnya, belum bersedia dilakukan vaksinasi tapi kita berharap seluruh unsur kecamatan maupun desa memberikan informasi-informasi dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya lansia untuk mereka bisa menerima vaksinasi Covid-19 karena pemerintah termasuk MUI sudah menyatakan bahwa vaksin ini halal,” katanya.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini