Beranda Gaya Hidup 10 Rutinitas Pagi Ini Dipercaya Bikin Kamu Cepat Sukses

10 Rutinitas Pagi Ini Dipercaya Bikin Kamu Cepat Sukses

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Banyak cara yang dapat Anda tiru untuk menjadi sukses. Salah satunya ialah memulai hari dengan menjalani beberapa kebiasan yang baik di pagi hari.

Lantas, rutinitas pagi seperti apa yang bisa membuat Anda cepat sukses? Anda bisa mencontek beberapa rutinitas pagi dari para orang sukses, seperti CEO dan pemimpin di seluruh dunia.

Mengutip dari Liputan6.com merangkum beberapa hal yang biasa dilakukan orang sukses di pagi hari dan bisa Anda tiru, berikut uraiannya:

1. Bangun Lebih Awal

Pagi hari yang produktif dimulai dengan bangun pagi. Banyak orang sukses bangun di pagi hari, seperti CEO PepsiCo, Indra Nooyi, bangun pukul 4 pagi dan sudah berada di kantor paling lambat pukul 7, CEO Disney, Bob Iger, bangun pukul 4.30 untuk membaca, dan CEO Twitter Jack Dorsey pukul 5.30 sudah pergi joging.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang Anda dapat bangun lebih pagi. Jangan hanya bangun untuk mematikan alarm dan melanjutkan tidur lagi. Jika memang merasa sulit bangun pagi, Anda dapat mengakalinya dengan tidur lebih awal.

2. Merapihkan Tempat Tidur

Setelah bangun tidur, tugas paling sederhana di pagi hari yang dapat Anda tiru ialah merapihkan tempat tidur. Dengan merapihkan tempat tidur, dapat membantu Anda memulai hari dengan benar.

Sebenarnya, Charles Duhigg, dalam bukunya The Power of Habit, mengatakan bahwa merapihkan tempat tidur sebagai ‘kebiasaan kunci’ yang merupakan keputusan bagus dalam memulai serangkaian keputusan bagus lainnya sepanjang hari.

3. Buat Perencanaan Satu Hari

Menetapkan tujuan hari ini dapat membuat kita lebih mungkin untuk mencapai tujuan dan dapat membantu untuk mewujudkan prioritas kita.

Menggunakan waktu untuk mengantisipasi segala tantangan yang mungkin terjadi dan membuat rencana yang jelas akan melancarkan perjalanan Anda menuju kesuksesan.

4. Berolahraga

Jika saat bangun tidur kebanyakan orang terpaku pada e-mail, hal ini justru tidak berlaku pada para CEO. Mereka tetap mengecek e-mail, tetapi hanya sebentar lalu pergi menuju tempat gym diikuti sarapan sehat.

Ini dikarenakan pagi hari merupakan waktu ideal untuk berolahraga. Memulai hari dengan berolahraga dapat mencegah Anda untuk menunda kegiatan sehat ini. Selain itu, olahraga dapat membantu Anda untuk meningkatkan mood dan membantu mengatasi stres sehingga hari Anda menjadi jauh lebih baik.

Salah satu orang sukses terkenal yang memulai olahraga saat pagi ialah mantan Presiden AS Barack Obama yang suka latihan kekuatan dan kardio.

5. Sarapan sehat yang mengandung hidrat

Tubuh dan pikiran yang bergizi dapat melakukan hal-hal besar, jadi penting bagi Anda untuk cukup makan dan minum yang sehat pada setelah bangun tidur.

Hal ini akan membantu mengurangi stres, tegang, dan tentu saja Anda tidak akan terganggu oleh perut menggeram sehingga Anda dapat lebih memperhatikan tugas-tugas yang ada.

Protein dan lemak yang sehat, disertai mengonsumsi tiga gelas air di pagi hari, dapat membantu Anda untuk tetap bersemangat sampai makan siang.

6. Membaca berita

Bagaimana Anda bisa mengubah dunia jika tidak tahu apa yang terjadi di dalamnya? Menangkap berita utama adalah praktik yang bagus dan itu merupakan kebiasaan umum di antara orang-orang sukses. Tak perlu membaca koran secara rinci, yang penting Anda sudah tahu apa berita terbaru yang sedang terjadi, khususnya di dekat Anda berada.

Virgin America’s CEO, David Cush, terus-menerus mengikuti berita pagi tentang latihan sepeda dan GE’s Jeff Immelt membaca surat kabar dan melihat berita tersebut setelah latihan kardionya.

7. Mengerjakan Proyek Pribadi

Ketika Anda menghabiskan sepanjang hari bekerja keras di kantor, seperti menerima telepon dan mengadakan rapat, tentu jadi merasa sulit untuk mengerjakan proyek pribadi. Terlebih, saat tiba di rumah, terutama jika Anda juga memiliki keluarga untuk diurus.

Setelah bekerja, banyak orang sukses tidak hanya berkembang dalam kehidupan kerja, tetapi dalam kehidupan pribadi mereka juga cenderung sangat mengesankan. Ini karena mereka mampu menggunakan waktu luangnya di pagi hari dengan bijak, yaitu memanjakan diri dalam proyek pribadi mereka.

8. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Dengan jadwal kerja hingga malam hari, banyak orang sukses menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang mereka cintai di pagi hari. Entah itu sakadar sarapan pagi bersama, membaca bersama, atau hanya mendiskusikan apa yang diharapkannya hari ini.

Salah satu tokoh terkenal yang menyediakan waktu untuk keluarganya di pagi hari ialah Obama. Jika Obama saja bisa, mengapa kita tidak?

9. Menulis Ucapan Syukur

Menulis daftar ucapan terima kasih setiap pagi adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perspektif dan membuat diri Anda berada dalam kerangka berpikir yang benar sepanjang sisa hari itu.

Dengan menuliskan siapa dan apa saja dalam hidup yang Anda syukuri di pagi hari, Anda akan memulai hari dengan optimis, yang merupakan langkah lain dalam perjalanan menuju kesuksesan.

10. Melakukan Tugas Terberat Dulu

Anda mungkin termasuk orang yang suka menyelesaikan tugas kecil dan mudah dulu, namun tahukah Anda bahwa ternyata banyak orang sukses berusaha melakukan tugas terbesar terlebih dulu sehingga dapat meringkankan bebannya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini