Beranda Olahraga 10 Kejutan Piala Dunia Terbesar Teratas

10 Kejutan Piala Dunia Terbesar Teratas

Piala Dunia 2022 Qatar. (Twitter)

SERANG – Setelah kemenangan yang mengejutkan saat Arab Saudi mengalahkan Argentina, Gracenote, salah satu perusahaan Nielsen, hari ini merilis daftar pendek kemenangan pertandingan di Piala Dunia yang paling tidak terduga dalam sejarah kompetisi olahraga paling populer. Analisis Gracenote menggunakan sistem peringkat sepak bola milik perusahaan untuk mengidentifikasi kekalahan paling mengejutkan selama 92 tahun Piala Dunia.

Sebelum Piala Dunia 2022, kemenangan Piala Dunia paling mengejutkan yang pernah ada menurut Gracenote adalah kemenangan AS atas Inggris pada tahun 1950 dengan peluang kemenangan 9,5% untuk Amerika Serikat tetapi dengan  perkiraan peluang kemenangan Arab Saudi 8,7%, sehingga mengambil alih di peringkat pertama. Berikut adalah 10 kemenangan paling mengejutkan berdasarkan data serta detail utama:

1. Saudi Arabia 2-1 Argentina (8,7%) Piala Dunia 2022

Meskipun Argentina memimpin dan mendominasi pertandingan, mereka dikejutkan oleh dua gol Arab Saudi dalam lima menit setelah turun minum. Pertama Alsehri mencetak gol dengan penyelesaian yang bagus setelah bola terobosan dari lini tengah yang didapatkannya.  Kemudian Aldawsari memberi keunggulan atas Argentina dengan tendangan melengkung fantastis dari dalam kotak penalti.

Lebih dari 45 menit dimainkan setelah gol kedua Arab Saudi tetapi Argentina tidak dapat menemukan peluang sehingga kejutan Piala Dunia terbesar yang pernah ada adalah fakta. Lebih dari 45 menit dimainkan setelah gol kedua Arab Saudi, Argentina tidak dapat menghasilkan peluang sehingga akhirnya membuktikan kejutan Piala Dunia terbesar yang pernah ada.

2. AS 1-0 Inggris (9,5%) Piala Dunia 1950

Inggris adalah favorit untuk memenangkan Piala Dunia 1950 di Brazil sementara tim Amerika Serikat adalah skuad semi-profesional yang tidak terlalu diunggulkan. Meski Inggris mendominasi pertandingan, khususnya di babak pertama, sundulan Joey Gaetjens pada menit ke-38 membawa kemenangan bagi Amerika Serikat dalam pertandingan ini. Kemenangan pada 44 tahun yang lalu bisa kembali terjadi sebelum Amerika Serikat memenangkan pertandingan lain di Piala Dunia kali ini.

3. Swiss 1-0 Spanyol (10,3%) Piala Dunia 2010

Seperti Inggris pada 60 tahun sebelumnya, Spanyol adalah favorit juara Piala Dunia 2010. Sebagai lawannya saat itu, Swiss hanya bisa mengalahkan Korea Selatan dan Togo di Piala Dunia sejak 1954. Spanyol memiliki 22 tembakan sedangkan Swiss enam tetapi gol Gelson Fernandes pada menit ke-52 membuat kejutan untuk Swiss. Tidak seperti Inggris pada tahun 1950 tetapi Spanyol berhasil pulih dari kekalahan dan berhasil mengangkat trofi Piala Dunia FIFA tiga minggu kemudian.

4. Aljazair 2-1 Jerman Barat (13,2%) Piala Dunia 1982

Pertandingan Piala Dunia pertama Aljazair memberikan hasil terbaik bagi mereka. Lakhdar Belloumi memberikan umpan untuk gol pertama timnya dan mencetak gol kemenangan melawan Jerman Barat, salah satu tim favorit kompetisi. Aljazair gagal lolos dari grup meskipun memulai dengan kekuatan terbaik. Sementara itu, Austria dan Jerman Barat bermain dengan hasil yang menempatkan mereka berdua lolos ke fase berikutnya. Jerman Barat akhirnya mencapai final tahun itu tetapi kalah 3-1 dari Italia.

5. Ghana 2-0 Republik Ceko (13,9%) Piala Dunia 2006

Setelah mencapai final Kejuaraan Eropa 2004 dan menegosiasikan kualifikasi yang relatif sulit untuk Piala Dunia 2006, Ceko dianggap sebagai tim kuda hitam di Piala Dunia 2006. Ghana membuat debut Piala Dunia mereka dan sudah kalah dari Italia di grup yang sulit. Namun dalam pertandingan ini, Ghana memimpin setelah hanya 70 detik dan kemudian dengan mudah mengalahkan Ceko, menempati posisi keempat sebagai hasil kemenangan yang yang paling tidak mungkin dalam sejarah Piala Dunia. Ghana lolos ke fase knockout namun mereka kalah 3-0 dari Brasil di babak 16 besar.

6. Uruguay 2-1 Brazil (14,2%)  Piala Dunia 1950

Meskipun pertandingan ini merupakan bagian dari fase grup terakhir, ini secara efektif merupakan final Piala Dunia karena pemenangnya dijamin akan mengangkat Piala Jules Rimet. Padahal, Brazil hanya perlu menghindari kekalahan untuk bisa dinobatkan sebagai juara Piala Dunia di kandang sendiri pada laga pamungkas kompetisi ini. Dengan 25 menit tersisa, Brazil tampaknya dapat melakukan hal itu tetapi Uruguay mencetak dua gol dalam 13 menit untuk membungkam hampir 200.000 penonton. Hasil ini menghantui Brazil selama lebih dari 60 tahun, namun digantikan oleh trauma dari kekalahan di kandang sendiri 7-1 oleh Jerman delapan tahun lalu.

7. Korea Selatan 2-0 Jerman (14,4%) Piala Dunia 2018

Meski kalah dari Meksiko di awal kompetisi, kemenangan Jerman melawan Korea Selatan sudah cukup untuk membawa Jerman lolos ke babak sistem gugur. Korea Selatan memiliki peluang tipis untuk lolos tetapi harus menang dengan dua gol dan berharap Meksiko akan menang atas Swedia. Korea Selatan sebelumnya hanya mengalahkan Togo dan Yunani pada Piala Dunia di luar negara mereka sendiri. Pertandingan itu menuju hasil imbang 0-0 ketika Kim Young-gwon mencetak empat menit memasuki injury time. Dua menit kemudian Son Heung-min mencetak gol kedua tetapi Korea Selatan masih tersingkir karena Meksiko kalah dari Swedia. Jerman gagal lolos dari fase grup untuk pertama kalinya sejak 1938.

8. Wales 2-1 Hungaria (16,2%) Piala Dunia 1958

Hongaria bukanlah tim seperti empat tahun sebelumnya ketika mereka dikejutkan di final oleh Jerman Barat. Namun, Hungaria tetap dianggap sebagai salah satu tim terbaik di dunia dan diharapkan berhasil melewati fase grup. Setelah bermain imbang 1-1 dengan Wales sebelumnya, ini adalah play-off untuk menentukan siapa yang lolos. Hongaria memimpin pada menit ke-33 ketika Tichy menyelesaikannya. Sepuluh menit setelah jeda, Ivor Allchurch melakukan tendangan voli untuk menyamakan kedudukan sebelum Terry Medwin mencetak gol kemenangan dari serangan balik di 14 menit tersisa.

9. Irlandia Utara 1-0 Spanyol (16,5%) Piala Dunia 1982

Tuan rumah Spanyol membutuhkan hasil imbang untuk menempati puncak grup dan maju ke grup fase kedua yang lebih mudah dengan berisi Prancis dan Austria. Spanyol mendominasi penguasaan bola dalam pertandingan tersebut namun mereka hanya memiliki sedikit serangan. Di awal babak kedua, striker Irlandia Utara Gerry Armstrong mencegat umpan Spanyol yang salah tempat di sisi kanan lapangannya sendiri. Armstrong melakukan dribel panjang dan mengoper bola ke Billy Hamilton dengan melebar di sebelah kanan yang dan melepaskan umpan silang. Kiper Spanyol Arconada salah menilai umpan silang dan menepisnya langsung ke Armstrong dan langsung menembakkannya ke gawang yang hampir kosong. Irlandia Utara lolos ke tahap berikutnya bersama dengan Spanyol tetapi tidak ada yang maju lebih jauh.

10. Senegal 1-0 Prancis (17,3%) Piala Dunia 2002

Prancis adalah juara dunia dan Eropa yang berkuasa sedangkan Senegal melakukan debutnya di kompetisi tersebut. Banyak pemain Senegal datang melalui sistem pemuda di Prancis dengan 21 dari 23 pemain tim bermain untuk klub Prancis. Meskipun pertandingan tersebut merupakan pertandingan pembuka Piala Dunia, Senegal tidak terpesona oleh kesempatan tersebut. Tim Afrika mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut ketika El-Hadji Diouf berlari di sayap kiri dan melakukan umpan silang mendatar yang sempurna kepada Papa Bouba Diop untuk masuk pada menit ke- 30 . Prancis akhirnya menempati posisi terbawah grup tetapi Senegal maju ke perempat final, merupakan pencapaian di Piala Dunia terbaik yang setara dengan negara Afrika lainnya.

Peringkat Sepak Bola Dunia Gracenote

Gracenote Sports awalnya mengembangkan peringkat sepak bola miliknya pada tahun 2002. Metodologi berdasarkan sistem Elo yang digunakan untuk peringkat pemain catur yang telah disesuaikan selama 16 tahun. Setiap kali dua tim bersaing, satu poin “kemenangan” dari yang lain tergantung dari hasil, margin kemenangan, siapa tim yang menjadi tuan rumah dan relatif kekuatan dari kedua tim yang bermain. Gracenote Sports juga mempertimbangkan jumlah poin yang berpindah tangan sesuai dengan pentingnya kompetisi tersebut, jadi Piala Dunia dan kejuaraan kontinental adalah yang paling penting dan pertandingan persahabatan menjadi kurang penting.

Sebagai contoh, jika Brazil (peringkat satu) memenangkan pertandingan persahabatan di tempat netral melawan peringkat 30 Kosta Rika 1-0, Brasil akan meningkatkan peringkatnya dengan poin yang relatif sedikit karena hasil itu kurang diharapkan. Namun jika Jerman mengalahkan Brasil 7-1 di Brasil pada Piala Dunia di Brazil, peringkat Jerman akan meningkat pesat dengan mengorbankan Brazil karena keduanya adalah tim yang kuat dan hasil akhir serta margin kemenangan adalah sesuatu yang mengejutkan.

Bagaimana kami menghitung kemenangan kejutan

Peringkat Sepak Bola Gracenote menggunakan peringkat yang mengukur kekuatan tim untuk memperkirakan kemungkinan menang atau seri untuk setiap tim dalam kompetisi. Pertandingan yang dimenangkan dalam waktu normal oleh tim underdog dengan persentase peluang menang terkecil, menurut perkiraan ini diidentifikasi sebagai kejutan terbesar.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini