Beranda Kesehatan Kasus Pertama! Satu Warga Kota Serang Positif Corona

Kasus Pertama! Satu Warga Kota Serang Positif Corona

9104
0

 

SERANG – Satu warga Kota Serang dinyatakan positif Covid-19. Hal itu berdasarkan update data dari Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Banten tanggal 8 April 2020 pukul 18.00 WIB.

Kasus positif Corona ini merupakan kasus pertama di Ibukota Provinsi Banten tersebut. Warga Kecamatan Serang, Kota Serang tersebut menurut informasi yang dihimpun sudah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten sebagai rumah sakit pusat penanganan Covid-19.





Di Kota Serang sendiri sebanyak 176 masuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 10 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Betul jam 4 ada info terkini dari Dinkes Banten. Informasi dari RSUD Banten. Pasien umur 42 tahun warga Kota Serang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal.

Pasien ini menjadi warga pertama di Kota Serang yang dinyatakan positif virus Corona.

Hari Pamungkas, Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Serang membenarkan adanya warga Kota Serang yang dinyatakan positif Corona. “Betul. Hasil labnya tadi sore keluar,” kata Hari, Rabu (8/4/2020).

Hari menyatakan bahwa pasien yang berprofesi sebagai penjaga toko bangunan itu pada tanggal 25 Maret 2020 memeriksakan kesehatannya di Puskesmas Unyur. Pada 27 Maret dirujuk ke salah satu rumah sakit swasta di Kota Serang dan pada 28 Maret dirujuk di RSUD Banten. “Sampai hari ini masih menjalani perawatan di RSUD Banten,” ujar Hari.

Hari menyatakan, menyikapi adanya kasus positif Corona tersebut, Gugus Tugas melakukan langkah-langkah surveiliance melalui gugus tugas bidang kesehatan antara lain, melakukan tracking kasus, pemeriksaan swab untuk kontak serumah dan kontak erat pasien, rapid tes untuk kontak lainnya dalam tracking, dan melakukan pengawasan dan pemantauan orang yang kontak dengan pasien melalui surveilance puskesmas.

“Kami juga melakukan penyuluhan pada masyarakat ke tempat terkait hal-hal yang harus dilakukan seperti social dan physical distancing, perilaku hidup bersih dan sehat, tetap di rumah, dan sebagainya,” ujarnya. (you/ink/red)