Beranda Kampus Buku Transformasi Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Nelayan Dibedah di Untirta

Buku Transformasi Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Nelayan Dibedah di Untirta

Bedah Buku berjudul “Transformasi Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Nelayan”.

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dengan Suwaib Amiruddin Foundation (SAF) bekerja sama untuk menggelar acara Bedah Buku berjudul “Transformasi Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Nelayan”. Buku tersebut merupakan karya Prof. Suwaib Amiruddin selaku Sosiolog Untirta.

Bedah buku berlangsung di Gedung Auditorium, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (28/02/2024). Hadir dalam kegiatan ini Rektor Untirta Prof Fatah Sulaiman, Guru Besar Teknik Industri Untirta Prof. Wahyu Susihono sebagai narasumber dan dimoderatori oleh Muhammad Suhada selaku Direktur Eksekutif SAF.

Rektor Untirta dalam sambutannya sekaligus membuka acara Bedah Buku Transformasi Kelembagaan Ekonomi Masyarakat Nelayan” menyampaikan bahwa inisiasi atas agenda Bedah Buku ini adalah komitmen kita di dalam atmosfer akademik yg kita bangun di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Prof. Suwaib Amiruddin menyebutkan bahwa buktu tersebut merupakan hasil riset yang ia laksanakan tahun 2007 silam. Lokasi riset di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan dengan studi kasus pada Komunitas Nelayan Patorani yang khusus mencari telur ikan terbang. Buku ini berangkat dari perubahan mata pencaharian nelayan yang disebabkan karena adanya permintaan pasar dan modal.

Pandangan Prof. Wahyu Susihono sebagai pembedah buku menyatakan bahwa ada setidaknya tiga hal yang menarik dalam buku ini. “Adanya pergeseran kehidupan nelayan yang tadinya berorientasi mencari induk ikan, namun berubah menjadi mencari telur ikan yang merupakan sebuah pergeseran pola kerja dan adaptasi sosial,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebagai seorang Guru Besar Teknik Industri, di dalam buku ini banyak membahas penerapan-penerapan teknologi yang dibuat dengan menggunakan pendekatan SHIP (Sistemik, Holistik, Interdisipliner, dan Partisipatori) dan pendekatan Ergonomi yaitu teknologi yang memanusiakan manusia. (red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini